3-S, Sahur Sehat Sederhana

Waktu sahur bisa dikatakan adalah sebagai penentuan kuat tidaknya puasa kita selama satu hari penuh. Di jam sahur kita diarahkan untuk makan sebelum mulainya waktu puasa yaitu terbitnya matahari. Tentunya makanan yang kita konsumsi di waktu ini harus dengan makanan yang dapat memberikan energi lebih kepada tubuh kita. Pada saat sahur sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang asal-asalan. Karena biasanya kita orang Indonesia berpikir “yang penting kenyang itu sudah cukup”. Hal ini adalah salah.

Tentunya makanan sehat sangat dibutuhkan untuk mempertahankan energi yang ada pada tubuh saat menjalankan puasa. Sudah pasti makanan seperti buah-buahan dan sayuran sangat dibutuhkan. Selain itu juga dari makanan berkarbohidrat tinggi menjadi kunci untuk mempertahankan energi. Sayang sekali terkadang orang tidak tahu menu apa yang cocok disajikan saat sahur, asalkan membuat makanan dan perut bisa terasa kenyang sudah cukup.

Sehat Itu Yang Utama

Berikut ada beberapa menu yang cocok untuk Anda saat sahur. Selain enak, makanan ini juga sehat untuk tubuh Anda serta cara pembuatannya pun sederhana.

  1. Roti Sandwich dan Susu

Menu ini bisa menjadi menu sahur praktis dan sehat untuk Anda. Dalam pemilihan bahan, Anda bisa gunakan roti gandum agar lebih banyak serat yang Anda konsumsi. Untuk memberikan sentuhan protein, Anda bisa tambahkan sosis dan telur. Lalu sebagai sumber vitamin dan mineral, tambahkan selada, timun, dan tomat. Sedangkan susu bisa menjadi pelengkap nutrisi sahur yang Anda santap.

  1. Mie Goreng Sayur

Mie menjadi salah satu makanan idaman bangsa Indonesia. Selain praktis dalam pembuatannya, mie goreng merupakan sumber karbohidrat yang cukup. Agar lebih lengkap, lebih baik Anda tambahkan sayur-sayuran, seperti sawi, kol, dan wortel. Jika dikira masih belum kenyang, Anda bisa tambahkan sosis, bakso, atau telur.

  1. Oatmeal Topping Sayur Atau Buah

Sereal oatmeal saja mungkin masih belum cukup untuk tubuh Anda, karena ini merupakan sumber karbohidrat kompleks saja. Anda bisa memperoleh makanan oatmeal yang sehat dengan cara menambahkan sayur dan buah di atasnya.