4 Fungsi Manajemen Yang Perlu Anda Ketahui

Saat Anda belajar tentang akuntansi, fungsi manajemen adalah salah satu hal yang wajib untuk Anda pelajari. Pastinya, jika Anda ingin membuat bisnis Anda sendiri, Anda harus mengetahui fungsi utama manajemen yang memiliki 4 aspek ini. Dalam masing-masing aspek, ada berbagai peran penting masing-masing yang tidak bisa dilewatkan begitu saja jika Anda menginginkan sebuah manajemen yang baik untuk bisnis Anda. Lalu, apa saja 4 fungsi dari manajemen yang perlu Anda ketahui? Jika Anda merasa ingin tahu tentang hal tersebut, alangkah lebih baik jika Anda membaca  beberapa hal penting berikut ini.

Jenis dan Penjelasan Singkat Fungsi Manajemen

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ada 4 fungsi manajemen yang memang sebaiknya Anda ketahui sebelum memulai bisnis Anda dan mempelajari lebih lanjut segala hal terkait dengan akuntansi dan manajemen.  Fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Fungsi Perencanaan (Planning)

Pada fungsi perencanaan ini, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Yang pertama adalah Anda harus memutuskan apa yang menjadi arah tujuan dari bisnis Anda. Kemudian, Anda harus menyusun strategi agar Anda bisa meraih tujuan atau target Anda tersebut. Selain itu, pastinya Anda juga ingat akan segala sumber daya yang penting bagi bisnis Anda. Jangan lupa pula untuk menetapkan standar Anda sendiri akan pencapaian yang ini Anda raih.

  • Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Dalam fungsi yang satu ini, Anda akan lebih fokus terhadap tim yang akan mendukung kerja Anda. Dalam fungsi ini juga terdapat proses perekrutan dan juga penempatan kerja sesuai dengan kemampuan.

  • Fungsi Pengarahan (Directing)

Setelah Anda memiliki rencana dan memiliki orang-orang yang tepat dalam bisnis Anda, pengarahan adalah menjadi hal penting selanjutnya yang dibutuhkan. Dengan arahan, maka akan ada tugas-tugas yang jelas untuk diarahkan dan dilakukan oleh para pekerja.

  • Fungsi Pengendalian (Controlling)

Fungsi yang satu ini lebih berguna untuk menilai atau mengevaluasi sistem yang sudah ada. Dengan demikian, perusahaan bisa mengubah atau menambah taktik dalam sistemnya.

Keempat fungsi manajemen tersebut memang berbeda satu dan lainnya, tetapi sangat berguna dan mendukung satu sama lain. Jadi, Anda harus memahami keseluruhannya.