5 Kebiasaan Fatal CV Pun Ditolak

Di ulasan kali ini akan sedikit membahas beberapa hal mengenai berbagai kesalahan dalam pembuatan CV untuk Surat Lamaran Kerja. Yup, CV atau singkatan dari Curiculum Vitae ini merupakan sebuah data lengkap pribadi dari pelamar kerja, dimana berisi tentang data lengkap diri pelamar. Kedua orang tua dari pelamar (data real). Lalu riwayat pendidikan, riwayat kesehatan dan lainnya. Baik dari pelamar pribadi, juga kedua orang tuanya. Dan yang paling penting ialah kemampuan yang Anda miliki, serta pengalaman kerja di bidang tersebut.

Lalu, Kebiasaan Fatal Apalagi Sih Yang Sering Dilalaikan Oleh Para Pelamar?

Seperti yang telah di bahas, CV sendiri merupakan sebuah jawaban dari berbagai pertanyaan Perusahaan tentang Anda. Mungkin sudah banyak yang mengetahui, namun juga tidak sedikit dari mereka yang gagal paham akan sebuah definisi dari CV tersebut. Yup, padahal pada intinya, CV ini seperti percakapan diam antara penguji dengan pelamar kerja itu sendiri.

Dan kesalahan dalam membuat Surat Lamaran Kerja lainnya: seperti yang sudah-sudah, bahwa sebuah surat untuk melamar pekerjaan haruslah ringkas, singkat, padat, dan pastinya jelas. Tapi siapa sangka bahwasanya banyak orang yang gagal paham juga terhadap hal ini. Malah banyak dari mereka yang menambahkan kata-kata di surat tersebut yang sebenarnya, tidak usah ada di surat lamaran pekerjaan.

Kesalahan yang lainnya ialah: banyak orang yang membuat CV dengan sistematika yang sama. Padahal misalnya antara lamaran pekerjaan untuk sebuah jabatan sebagai sekretariat kantor, atau programmer dari sebuah aplikasi, dengan surat lamaran untuk jabatan sebagai seorang guru, sangatlah berbeda jauh. Perbedaan yang mencolok ialah, kualifikasi dalam kebutuhan jabatan yang dibutuhkan, dan lainnya.

Dan yang terakhir ialah: banyak orang yang sering memfokuskan pada satu pandangan, yakni hanya pada posisi yang dibutuhkan. Dan menyepelekan yang namanya sebuah prestasi yang Anda raih di Perusahaan sebelumnya. Memang benar, hal ini agak sepele. Tapi tahukah Anda bahwa hal ini menjadi nilai plus tersendiri bagi para penguji, bahwasanya Anda bukan orang yang sembarangan. Sekian ulasan Surat Lamaran Kerja kali ini.