Aktivitas Yang Wajib Dilakukan Ketika Hamil

Setiap ibu hamil pasti akan mudah merasakan lelah. Itu terjadi karena semua organ tubuhnya bekerja sebanyak 2 kali. Sehingga tidak aneh jika setiap harinya ibu yang sedang hamil sering sekali merasakan lelah, padahal hanya melakukan aktivitas sebentar saja. Namun meskipun mudah sekali mengalami rasa lelah, jangan sampai membuat Anda bermalas-malasan. Pasalnya jika rasa lelah tersebut membuat Anda malas melakukan aktivitas, hal tersebut akan berakibat buruk ketika waktunya lahiran. Untuk itu semalas apapun, Anda wajib melakukan berbagai macam kegiatan seperti berikut.

Ibu Hamil Dan Beragam Aktivitas Menyehatkan

Aktivitas pertama yang penting bagi ibu hamil adalah jalan kaki. Meskipun terkesan simple namun sebenarnya jalan kaki merupakan sebuah olahraga yang paling baik untuk orang hamil. Dengan berjalan kaki maka peredaran darah menjadi lancar, sehingga kandungan pun jadi tetap fit. Lakukanlah aktivitas ini dari awal kehamilan sampai akhir kehamilan agar proses lahirannya berjalan lancar. Selama melakukan aktivitas jalan kaki, jangan biarkan tubuh Anda dehidrasi. Untuk itu Anda perlu membawa botol berisikan air agar bisa diminum ketika sudah merasa haus. Selain itu Anda pun perlu menghindari jalanan yang menanjak. Pasalnya jalanan yang menanjak akan membuat Anda sangat kelelahan. Untuk jenis aktivitas yang kedua adalah berenang.

Banyak sekali para ahli di bidang kesehatan yang menyatakan, berenang adalah olahraga paling tepat bagi orang yang sedang dalam masa kehamilan. Pasalnya berenang akan melatih otot-otot besar, sehingga kinerja jantung pun akan lebih kuat. Ketika berenang, Anda harus meminum air dengan teratur sebanyak 1 kali dalam 15 menit. Gaya dada merupakan gaya berenang yang paling tepat bagi orang hamil. Selain itu gaya punggung pun tidak kalah tepat juga karena bisa memperlancar aliran darah. Aktivitas ketiga adalah senam hamil. Sekarang Anda tak perlu repot jika memang ingin melakukan senam hamil. Pasalnya melalui DVD ataupun Youtube Anda sudah bisa melakukan senam tersebut. Dengan melakukan senam hamil secara rutin maka otot-otot pun akan lebih menguat dan lentur. Sehingga proses persalinan bisa berjalan dengan lancar. Aktivitas terakhir yang perlu dilakukan oleh setiap ibu hamil adalah yoga. Yoga akan memberikan ketenangan. Sehingga ketika proses persalinan, Anda bisa mempraktikkan teknik pernapasan yang tepat.