Apa Bedanya LCL Dengan FCL?

Tidak banyak orang yang mengetahui jika ternyata selain jasa pengiriman yang selama ini Anda ketahui, terdapat jasa pengiriman menggunakan truk, LCL dan FCL. Jasa pengiriman via truk dan lain-lain memang sangat terdengar asing. Kebanyakan memang hanya perusahaan ekspedisi besar yang mampu melakukannya. Jika perusahaan ekspedisi besar biasanya tidak memiliki truk, LCL dan FCL sebagai media pengiriman barang. Jasa pengiriman barang menggunakan ketiga kendaraan ini biasanya dilakukan untuk melakukan pengiriman barang dalam skala besar. Pengiriman ini dapat dilakukan untuk pengiriman pada area domestik ataupun area internasional. Dimana LCL dan FCL yang sama-sama menggunakan kontainer memiliki perbedaan yang signifikan.

Pengiriman Dengan LCL

LCL atau biasa disebut dengan Less Container Load adalah sebuah pengiriman barang yang dilakukan dengan satu buah container berisi bermacam-macam pengirim untuk melakukan pengiriman internasional dalam skala yang besar. Satu kontainer pada pengiriman LCL ini dapat diisi dengan barang yang berbeda-beda dari setiap pengirim yang berbeda-beda juga. Pengiriman via LCL ini memiliki keuntungan yang bisa kita rasakan seperti:

  • Harga Murah

Barang yang dikirim menggunakan LCL memiliki harga yang jelas lebih murah daripada menggunakan FCL meskipun sama-sama kontainer. Apalagi, perhitungannya menggunakan per kubik kontainer.

  • Tidak ribet

Menggunakan LCL akan mengurangi keribetan kita dalam mengirimkan barang karena kita tidak perlu melakukan booking full kontainer.

Pengiriman Dengan FCL

Selain LCL, FCL yang menggunakan kontainer juga digunakan untuk mengirimkan barang. Tetapi FCL ini hanya bisa dilakukan dalam skala besar internasional karena satu kontainer digunakan untuk satu pengirim saja tidak boleh lebih dari satu. Anda harus menggunakan satu kontainer jika ingin melakukan pengiriman via FCL ( Full Container Loaded). Menurut cargonesia.co.id, FCL ini biasanya memang digunakan untuk proses pengiriman barang impor dan ekspor. Berikut beberapa keuntungan yang didapatkan dengan jasa pelayanan pengiriman dengan FCL:

  • Barang Aman

Dengan menyewa satu kontainer untuk Anda sendirian sudah pasti barang akan dijamin sangat aman. Karena barang tidak mungkin akan tertukar oleh barang orang lain. Bahkan dijamin tidak akan bercampur dengan barang lain karena satu kontainer sudah dimiliki oleh Anda seorang serta mengurangi risiko barang rusak.

  • Cepat

Waktu tempuhnya juga akan lebih cepat dibandingkan LCL karena barang bisa dikirim kapan saja sesuai dengan kehendak Anda. Pemberangkatan juga tidak menunggu kontainer penuh dulu.