Apa Itu Obat Antibiotik?

Obat antibiotik adalah obat yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan parasit. Jika penyakit yang disebabkan oleh virus seperti DBD, batuk, pilek, cacar air, dan penyakit lainnya. Bahkan infeksi jamur pun juga tidak bisa disembuhkan oleh antibiotik. Untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan jamur sudah ada obatnya tersendiri yaitu anti virus dan anti jamur. Ada berbagai jenis antibiotik yang bisa Anda temukan. Jenis antibiotik digolongkan sesuai dengan mekanisme kerjanya. Jadi, tiap jenis antibiotik hanya bisa bekerja terhadap bakteri dan parasit tertentu. Inilah alasan mengapa antibiotik yang digunakan tentu berbeda tergantung dengan jenis penyakitnya.

Fungsi Obat Antibiotik

Terdapat beberapa jenis obat antibiotik yaitu penisilin, sefalosporin, tetrasilisin, aminoglikosida, makrolida, fluoroquinolones, dan sulfonaminda. Memang nama-nama antibiotik kebanyakan mempunyai dua nama yaitu nama generik dan nama merk-nya. Nama merk tentu saja diciptakan dari perusahaan obat yang memproduksi dan mengedarkan antibiotik tersebut, Sedangkan untuk nama generiknya adalah nama dari struktur kimia antibiotiknya. Contohnya untuk nama antibiotik amosilin mempunyai nama merk seperti Etamox, Yusimox, dan Brodamox.  Fungsi antibiotik adalah untuk membunuh dan menghambat tumbuhnya bakteri. Antibiotik akan membunuh bakteri yang cara merusak dinding sel yang dibuat oleh bakteri sehingga bakteri akan mati. Lalu antibiotik juga menghambat bakteri untuk berkembang biak sehingga bakteri akan mati oleh sistem imun tubuh kita.

Antibiotik akan digunakan pada infeksi bakteri dan parasit yang serius. Penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus tidak butuh antibiotik agar bisa sembuh. Bahkan jika Anda mengalami infeksi bakteri dan parasit yang ringan juga tidak butuh antibiotik. Jadi, jika Anda sakit maka Anda tidak selalu akan diberikan antibiotik oleh dokter. Namun, Anda pasti akan butuh antibiotik jika menderita sakit yang serius seperti pneumonia atau meningitis. Selain itu ada juga orang yang alergi terhadap obat antibiotik tertentu. Karena itulah sebaiknya Anda mendapatkan resep dokter. Apalagi jika Anda adalah ibu hamil dan menyusui maka harus mendapatkan antibiotik yang sudah diresepkan oleh dokter. Semoga informasi ini bermanfaat.