Aplikasi Desain Grafis Berbasis Vektor

Ingin membuat suatu produk? Instansi?  Ataupun perusahaan?  Sebelum kamu ingin membangun suatu produk kamu harus terlebih dahulu membuat logonya terlebih dahulu. Pembuatan logo sangat penting sebagai lambang dan ciri khas baik produk ataupun instansi yang kamu buat. Salah satunya saja logo pu (Dinas Pekerjaan Umum) yang memiliki logo untuk lambang instansinya sendiri.

Software Desain Grafis Berbasis Vector

Logo pu (Dinas Pekerjaan Umum) merupakan logo yang memakai basis vector. Vector adalah basis desain grafis yang menggunakan kombinasi dari titik dan juga garis. Berbeda dengan satunya yaitu bitmap, bitmap hanya terdiri dari titik atau yang biasa disebut dengan PIXEL saja. Bingung aplikasi apa saja sih yang bisa membuat logo seperti logo dinas pekerjaan umum ataupun logo yang berbasis vector lainnya. Berikut adalah beberapa aplikasi yang menggunakan basis vector untuk membuat logo.

  1. Corel Draw

Corel Draw merupakan aplikasi atau software yang paling terkenal apabila ingin membuat desain grafis yang berbasis vector. Software besutan dari Corel corporation ini dapat mengolah ataupun membuat gambar desain seperti kartu undangan, banner, logo ataupun lambang. Desain grafis yang ditampilkan berbentuk 2 dimensi.

  1. Adobe ilustrator

Adobe ilustrator adalah salah satu aplikasi ataupun software desain grafis besutan adobe yang cukup terkenal dan bersaing ketat dengan Corel Draw. Hebatnya dari adobe ilustrator adalah juga dapat mengedit dalam 3 dimensi. Adobe ilustrator sangat cocok untuk menggambar model 3 dimensi seperti desain prototype mobil.

  1. Adobe freehand mx

Adobe freehand juga merupakan software besutan adobe yang berbasis vector yang dapat mengolah atau membuat seperti banner, logo, ikon dan cover suatu buku.

Berikut tadi adalah tiga aplikasi desain grafis yang berbasis vector yang bisa kamu buat untuk logo pu (dinas pekerjaan umum). Dapat dilihat bahwa aplikasi desain grafis yang berbasis vector lebih mengarah ke gambar yang tidak realistis pada pengolahannya. Tidak seperti basis bitmap seperti adobe photoshop yang memang khusus digunakan untuk mengedit dan mengolah objek yang lebih realistis.