Bagaimana Hukumnya Jika Melaksanakan Aqiqah Setelah Dewasa?

Aqiqah adalah salah satu ibadah dalam Agama Islam yaitu mengorbankan hewan ternak sebagai penebus seorang bayi yang dilahirkan. Sedangkan hukum aqiqah ini adalah sunah muakkad. Untuk bayi laki-laki maka di sunahkan 2 ekor kambing dan bayi perempuan adalah 1 ekor kambing. Aqiqah Bandung adalah salah satu penyedia jasa potong hewan kurban aqiqah.

Pelaksanaan Aqiqah Setelah Dewasa

Adapun pelaksanaan aqiqah sesuai dengan yang disyariatkan adalah pada hari ke 7, atau ke 14, atau ke 21 setelah hari kelahiran. Kemudian setelahnya masa kelipatan dari 7 hari. Dikarenakan aqiqah merupakan ibadah sunah muakkad, maka dilaksanakan bagi yang mampu. Jika orang tua dari bayi tersebut tidak mampu untuk melaksanakan aqiqah pada hari yang telah disyariatkan, maka gugurlah kewajibannya. Meskipun kemudian orang tua tersebut menjadi kaya. Namun bagi orang tua yang mampu ketika bayi tersebut lahir, tetapi menunda pelaksanaan aqiqah, maka anaknya dapat diaqiqahi meskipun sudah dewasa.

Untuk prosedur aqiqah, anak laki-laki menggunakan dua ekor kambing sedangkan anak perempuan adalah dengan satu ekor kambing. Namun anak laki-laki juga boleh dengan satu ekor kambing. Pada dasarnya, aqiqah adalah kewajiban yang dilakukan oleh sang ayah. Jadi uang yang digunakan untuk penyelenggaraan aqiqah adalah dari harta sang ayah bukan dari anak. Orang lain dapat menjalankannya harus dengan izin sang ayah. Aqiqah Bandung adalah salah satu penyedia jasa potong hewan kurban aqiqah.

Hukum Aqiqah Untuk Diri Sendiri

Pada dasarnya aqiqah adalah kewajiban orang tua, terutama ayah. Namun kewajiban ini sifatnya sunnah muakkad. Jika seorang ayah tidak mampu untuk mengaqiqahkan anaknya pada hari yang telah disyariatkan, maka gugurlah kewajibannya. Namun, jika ketika si anak dewasa dan si ayah sudah mampu mengaqiqahkan, maka si ayah tersebut bisa melaksanakan aqiqah.

Bagaimana jika mengaqiqahkan diri sendiri? Berdasarkan ketentuan tersebut maka, anak tersebut tidak wajib mengaqiqahkan dirinya sendiri. Meskipun dia telah dewasa dan mampu. Karena pada dasarnya aqiqah adalah merupakan kewajiban orang tua. Aqiqah Bandung adalah salah satu penyedia jasa potong hewan kurban aqiqah.