Bahaya Atau Tidak Bayi Sering Kentut?

Para ibu masih banyak yang bertanya-tanya mengapa bayi sering kentut tapi tidak bab. Kentut tapi tidak bab bagi orang dewasa terkadang bukan menjadi masalah yang berarti bagi mereka. Akan tetapi berbeda kasusnya jika bayi yang mengalami kejadian seperti itu. Pastinya para mommy di rumah merasa resah dengan hal tersebut, bukan? Disini akan menguak penyebab bayi sering kentut akan tetapi tidak bab, dan beberapa penanganannya.

Apa Penyebab Bayi Sering Kentut Tapi Tidak Bab Dan Cara Penanganannya?

Ada dua penyebab kejadian bayi sering kentut tapi tidak bab antara lain:

  1. Posisi menyusui

Biasanya kentut akan terjadi jika di dalam tubuh si bayi mengalami penumpukan gas yang berlebihan, sehingga beberapa gas yang tidak dibutuhkan tersebut akan terdorong keluar dari tubuh dan menyebabkan bayi menjadi kentut. Gas kentut dapat disebabkan dari ASI yang masuk ke dalam tubuh si bayi. Posisi ketika menyusui yang kurang pas akan menyebabkan angin lebih mudah masuk melalui mulut sehingga ketika bayi menghisap ASI, otomatis ia akan menghisap angin juga. Selain itu ASI, menyusui dengan botol juga dapat menambah intensitas gelembung gas yang terhisap oleh bayi.

  1. Makanan yang menghasilkan gas

Kentut juga dapat terjadi karena makanan yang dimakan oleh mommy dapat dengan mudah menghasilkan gas, sehingga ASI yang diproduksi oleh mommy dapat menyebabkan bayi lebih sering mengalami kentut.

Cara mengatasi hal seperti ini mommy hanya perlu mengatur pola makan si kecil agar terpenuhi 4 sehat 5 sempurna dan pastinya memiliki serat dan nutrisi yang baik. Mommy juga dapat menyesuaikan ukuran dot dengan si kecil, agar bayi terhindar dari menghisap gas secara berlebihan. Mommy juga perlu sesekali memijat perut bayi agar membantu gas dalam tubuh si kecil normal kembali. Teknik pemijatan harus dengan halus dan pelan karena bayi masih rentan sekali tubuhnya. Mommy juga perlu membuat bayi bersendawa dengan menggendong si kecil dengan posisi berdiri dan sesekali menepuk pelan punggung bayi.

Uraian diatas merupakan hal yang menjadi alasan atau penyebab bayi sering kentut tapi tidak bab dan sebagai ibu atau orang tua yang baik perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi jika hal demikian terjadi pada anak atau buah hati kita. Semoga bermanfaat!