Bahaya Mengkonsumsi Kopi Secara Berlebihan

tips kesehatan

tips kesehatan

Kopi termasuk jenis minuman yang sudah sangat akrab di dalam kehidupan manusia. Kopi dapat dijadikan teman dalam menghabiskan waktu santai. Mengkonsumsi kopi pada dasarnya diperbolehkan oleh beberapa ahli kesehatan akan tetapi porsi dan batasan waktu dalam mengkonsumsinya seharusnya menjadi hal yang seharusnya diperhatikan oleh penikmat kopi. Selain memiliki banyak manfaat seperti merangsang kerja jantung karena kandungan kafein yang terdapat di dalamnya, meningkatkan stamina, penghilang rasa sakit dan juga dijadikan sebagai peningkat produksi urin. Selain manfaat yang banyak dari kafein yang terkandung di dalam kopi, ternyata mengkonsumsi kopi secara berlebihan atau dengan dosis kafein yang sangat besar dapat memberikan resiko berbahaya pada kesehatan tubuh manusia dan bahkan memberikan dampak hingga mematikan bagi konsumennya.

Apa Saja Bahaya Dalam Mengkonsumsi Kopi Secara Berlebihan?

Kopi telah menjadi jenis minuman yang populer dan banyak digemari bukan hanya oleh kaum adam saja melainkan kaum hawa pun banyak yang menyukai minuman kopi. Kopi dipercaya dapat menghilangkan rasa kantuk. Mudahnya dalam memperoleh kopi menjadi faktor pendorong kecenderungan seseorang dalam mengkonsumsi kopi dalam setiap harinya. Padahal jika memperhatikan faktor kesehatan, kopi memiliki resiko berbahaya hingga mematikan jika dikonsumsi secara terus-menerus tanpa adanya batasan waktu. Resiko berbahaya yang dapat terjadi dalam pengkonsumsian kopi adalah rasa ketergantungan yang besar. Kecanduan kopi banyak dirasakan oleh para penikmat kopi yang membuatnya tidak dapat berhenti dalam mengkonsumsi kopi.  Bahaya kopi lainnya dapat memberikan resiko stroke bagi para penikmatnya, dapat meningkatkan kerusakan pada dinding pembuluh darah, memberikan efek insomnia yang menjadikan seseorang sulit menemukan waktu untuk beristirahat, meningkat denyut jantung dan berbahaya dikonsumsi oleh wanita hamil.

Bahaya konsumsi kopi sudah seharusnya diperhatikan oleh setiap orang sehingga dapat membatasi konsumsi kopi yang tersedia di dalam tubuh. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat memicu resiko berbahaya yang sangat besar. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan konsumsi kopi sehingga tidak akan memberikan resiko berbahaya melainkan memberikan manfaat dalam mengkonsumsi kopi.