Beberapa Jenis Kerusakan Retina Mata

Sekarang ini cukup banyak orang yang menjalani berbagai macam pengobatan retina. Hal tersebut karena banyak yang mengalami kerusakan pada bagian retina. Padahal jika retina rusak maka penglihatan menjadi tidak nyaman. Benda-benda yang tadinya terlihat jelas pun jadiĀ  blur karena kerusakan tersebut. Sebelum semuanya terlambat, Anda pun harus bisa lakukan berbagai macam pencegahan. Jika retina sudah alami kerusakan, kerusakan tersebut tidak akan bisa disembuhkan. Meskipun melalui berbagai rangkaian pengobatan namun retina tidak akan bisa kembali seperti sediakala. Untuk itu Anda harus menjaganya agar tidak perlu melakukan pengobatan di klinik khusus.

Kerusakan Retina Yang Membutuhkan Pengobatan Retina

  • Retinopati diabetik

Ini merupakan jenis kerusakan retina yang ditimbulkan karena penyakit diabetes. Diabetes memang sudah terkenal sebagai penyakit yang bisa menyerang berbagai macam organ tubuh, salah satunya retina. Untuk itu jika Anda mengalami retinopatik, maka pengobatan retina pun sangat diperlukan dan harus segera dilakukan agar penglihatan tidak terus menerus terganggu.

  • Degenerasi makula

Ini merupakan kerusakan yang terjadi pada pusat retina. Dengan begitu pandangan pun akan menjadi kabur dan tidak mudah untuk dijangkau penglihatan. Degenarsi makula sendiri akan terdiri dari 2 macam. Untuk yang pertama itu tipe kering, kemudian untuk yang kedua itu tipe basah. Bagi yang belum terlalu parah masuk ke dalam tipe kering, kemudian bagi yang sudah parah dan sampai menimbulkan kebutaan, masuk ke tipe basah.

  • Retinitis pigmentosa

Ini merupakan penyakit degenerative juga yang akan sangat berpengaruh terhadap retina. Siapa pun yang menderita penyakit ini, respons retina akan mengalami perubahan. Jadi yang awalnya mampu menerima rangsangan cahaya dengan cepat, maka penderita penyakit ini jadi kesulitan untuk menerima cahaya. Sehingga semakin lama, kebutaan pun bisa terjadi.

  • Lubang Makula

Ini merupakan jenis kerusakan retina yang terdapat pada bagian makula. Ini terjadi karena adanya tarikan yang tidak normal di dalam vitreus dan juga retina. Hal yang tidak normal itu sendiri terjadi karena adanya cedera di bagian mata. Apabila itu menimpa Anda juga, segeralah lakukan pengobatan retina.