Beberapa Tips Sehat Selama Berpuasa

Bulan Ramadhan telah tiba, ketika jutaan umat muslim di berbagai belahan dunia menyambutnya dengan berpuasa dan melakukan kegiatan positif lainnya. Berpuasa tentu seharusnya tidak dijadikan alasan bagi kita untuk tidak beraktivitas sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, kita wajib menjaga kesehatan kita selama berpuasa agar ibadah yang kita lakukan berjalan dengan lancar dan dapat memperoleh kemenangan di hari yang fitri nanti.

Tips Sehat Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Setiap individu pasti mempunyai cara tersendiri untuk menjaga kesehatannya terutama di bulan suci ini. Pola makan yang berubah menjadikan sebagian orang mengalami gangguan di awal puasa. Mulai dari rasa lemas, mengantuk, hingga mudah lelah. Sebenarnya, itu bukan alasan untuk tidak melakukan aktivitas fisik selama di bulan Ramadhan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan selama bulan pusa untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar:

  • Biasakan makan sahur

Makan sahur sangat penting sebagai Anda sebagai salah satu bekal energi bagi Anda untuk melakukan kegiatan sehari-hari nantinya. Sebaiknya pada saat makan sahur, Anda banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks contohnya nasi, jagung, kenyang, ubi, singkong. Tujuannya agar membantu rasa kenyang yang lebih lama di dalam tubuh.

  • Berbuka dengan makanan yang manis

Pada saat berbuka hendaknya Anda mengonsumsi makanan yang manis. Makanan yang manis penting untuk dikonsumsi karena dapat secara cepat mengembalikan tenaga atau energi yang telah terpakai. Tetapi ada hal yang perlu diingat yaitu, batasi konsumsi makanan manis Anda ya. Jangan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tidak akan baik bagi tubuh.

  • Konsumsi air putih yang cukup

Meskipun dalam keadaan berpuasa, tubuh harus tetap mendapatkan asupan air minum yang cukup. Konsumsi minimal air putih yaitu setara dengan 8 gelas air putih setiap harinya. Hal tersebut tetap harus dilaksanakan selama berpuasa yakni dengan membagi konsumsi 8 gelas air putih selama berbuka, malam, dan pada saat sahur.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda terapkan selama berpuasa. Mudah bukan? Pastikan tubuh Anda tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Selamat menjalankan ibadah puasa.