Belum Mandi Wajib, Hindari Hal Berikut

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Kalimat tersebut tentu sudah tidak asing lagi bagi umat Islam. Ya, Islam merupakan agama yang mencintai kebersihan. Bahkan menjaga kebersihan merupakan salah satu tanda atau ciri dari orang beriman. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan adalah dengan mandi. Mandi dibedakan menjadi mandi sunah dan mandi wajib. Tata cara mandi wajib harus selalu diperhatikan mengingat pentingnya dari mandi wajib tersebut. Jangan sampai ibadah yang kita lakukan sia-sia karena mandi wajib yang kita lakukan tidak sempurna dalam membersihkan hadast.

Hal yang Harus Dihindari Ketika Belum Melakukan Mandi Wajib

Apabila Anda sedang memiliki hadast besar dan belum melakukan mandi wajib maka ada beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan. Hal tersebut ialah ibadah yang membutuhkan kesucian atau wudhu. Mengingat betapa pentingnya mandi wajib maka Anda harus senantiasa memperhatikan tata cara mandi wajib dengan baik dan benar. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda hindari ketika kondisi berhadast tetapi belum melakukan mandi wajib:

  • Tidak boleh shalat

Salah satu syarat sah dari shalat baik itu shalat wajib maupun shalat sunah yaitu dalam keadaan suci. Bagi Anda yang belum melakukan mandi wajib maka tidak boleh melaksanakan shalat. Hal ini berlaku bagi perempuan maupun laki-laki.

  • Tidak boleh membaca Alquran

Alquran merupakan kitab suci dari umat Islam. Untuk membacanya, Anda harus dalam keadaan yang suci atau dalam kondisi berwudhu. Karena belum mandi wajib, maka bisa dikatakan kondisi badan masih belum suci sehingga belum diperbolehkan membaca Alquran.

  • Tidak boleh melakukan I’tikaf di masjid

Masjid merupakan tempat suci untuk melakukan ibadah bagi umat Islam. Anda belum boleh melakukan I’tikaf bila belum mandi wajib.

  • Tidak boleh ditalak

Bagi pasangan suami istri, sang suami tidak boleh menjatuhkan talak pada istrinya pada saat istrinya memiliki hadast besar.

  • Tidak boleh melakukan thawaf

Thawaf merupakan salah satu rukun dari ibadah haji yang wajib untuk dilakukan. Bagi Anda yang memiliki hadast besar maka tidak diperkenankan untuk melakukan thawaf. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan mandi wajib.

Demikianlah beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan bila Anda belum melakukan mandi wajib. Pastikan Anda melakukan tata cara mandi wajib dengan baik dan benar untuk kesempurnaan mandi Anda. Semoga bermanfaat.