Berbagai Jenis Material Lantai Yang Sering Digunakan

Ketika akan membangun sebuah bangunan, lantai menjadi salah satu bagian dari bangunan yang sangat penting. Terlebih untuk bangunan-bangunan besar seperti perkantoran, apartemen, maupun hotel. Ada banyak jenis lantai yang dapat digunakan untuk melengkapi konstruksi bangunan yang akan dibangun, salah satunya adalah lantai granit. Jasa poles granit kemudian dibutuhkan untuk membuat granit menjadi mengkilap setelah bangunan selesai dibangun dan siap untuk ditempati. Namun sebelumnya, ada banyak jenis material lantai yang berbeda dan biasanya dipasang pada bangunan sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan bangunan tersebut. Bangunan mewah seperti hotel dan apartemen kelas atas biasanya akan menggunakan granit maupun marmer yang akan membuat ruangan gedung menjadi lebih mewah. Ada pula rumah pribadi yang menggunakan material kayu sebagai lantai rumah. Berbagai jenis material lantai tentunya disesuaikan dengan fungsi dan rupa bangunan yang dibangun.

Jenis-Jenis Material Lantai

Untuk bangunan-bangunan besar nan mewah biasanya akan menggunakan jasa poles granit, jika material lantai yang mereka gunakan adalah granit. Di bawah ini, akan diulas secara singkat mengenai jenis material yang sering digunakan untuk membuat lantai.

  1. Keramik

Keramik adalah jenis material keramik yang seringkali kita jumpai sebagai lantai rumah. Bahan ini banyak digunakan karena harganya yang ekonomis dan kemudahan dalam pemasangannya. Keramik juga sangat mudah ditemukan. Hampir di setiap toko bangunan pasti menyediakan keramik.

  1. Parket

Parket merupakan jenis material lantai yang berasal dari kayu, bahan sintesis yang mirip kayu, ataupun serpihan kayu. Parket kayu asli biasanya banyak digunakan oleh rumah-rumah yang ada di daerah yang memiliki musim dingin. Namun, tidak menutup kemungkinan siapa pun dapat menggunakan material ini untuk membangun rumah.

  1. Marmer

Terbuat dari batu marmer asli yang sangat kuat, lantai marmer memiliki kualitas yang sangat bagus ketika telah dipoles.

  1. Granit

Granit adalah material lantai yang terbuat dari batu granit. Bahan ini lebih mahal dari keramik karena kualitasnya yang sangat bagus. Lantai granit akan sangat mengkilap setelah jasa poles granit menyelesaikan pekerjaan mereka.