Berbagai Jenis Seni Teater Tradisional Yang Melegenda

Salah satu cabang dari seni peran yang tidak hanya dibuat secara tradisional tetapi juga modern ini, memang mampu memberikan hiburan tersendiri bagi para penggemarnya. Seni teater sebetulnya hampir sama dengan film. Hanya saja proses pembuatannya tidak serumit dalam pembuatan film. Penayangannya pun hanya dilakukan di sebuah panggung. Ada beberapa seni teater tradisional yang menjadi legenda.

Lenong

Lenong adalah salah satu seni teater tradisional yang sempat beberapa kali ditayangkan di stasiun televisi nasional. Sehingga, seni teater yang berasal dari Betawi tidak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat Betawi saja tetapi juga seluruh masyarakat di Indonesia. Teater lenong menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang sarat akan pesan moral. Namun kisah yang dihadirkan tidaklah monoton, sebab terselip candaan yang mampu membuat para penontonnya tertawa terbahak-bahak.

Ludruk

Ludruk adalah seni teater asal Jawa Timur yang dalam pementasannya diiringi dengan bunyi gamelan. Ludruk memiliki cerita yang sama dengan lenong yaitu mengisahkan tentang cerita kehidupan sehari-hari. Ludruk tidak hanya disajikan dengan iringan gamelan tetapi juga ada pementasan Tari Remo. Kisah yang disajikan oleh teater ludruk ini juga mengandung komedi yang mampu membuat para penonton menjadi terhibur.

Ketoprak

Seni teater tradisional yang selanjutnya adalah ketoprak. Ketoprak yang berasal dari Jawa Tengah ini menghadirkan kisah yang berbeda dengan ludruk dan lenong. Ketoprak menceritakan tentang legenda rakyat yang sarat akan pesan moral. Legenda yang diceritakan biasanya tentang kisah yang ada di daerah tersebut. Seni teater yang satu ini juga diiringi oleh musik gamelan. Karena ceritanya yang cukup formal, maka ketoprak kurang diminati masyarakat umum.

Mamanda

Masterpendidikan.com dapat memberikan informasi pada Anda tentang dunia teater tradisional. Seni teater tradisional yang cukup menarik ini berasal dari Kalimantan. Mamanda adalah seni teater yang kisahnya hampir mirip dengan lenong. Namun dalam mamanda penonton juga ikut berinteraksi dengan para pemain mamanda. Sehingga seni teater tradisional yang satu ini sangat menarik dan membuat para penggemarnya betah mengikuti alur cerita hingga selesai.