Buah Ajaib itu Bernama Kurma

Tahukah Anda bahwa buah kurma merupakan salah satu jenis buah yang pertama kali dibudidayakan? Buah yang berasal dari daerah Timur Tengah ini memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Segudang Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Terkenal karena rasanya yang sangat manis, buah kurma ini menyimpan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti serat, berbagai vitamin dan mineral. Selain itu, kurma juga mengandung senyawa tanin yang merupakan salah satu antioksidan alami sehingga mampu menangkal radikal bebas serta mampu mencegah berbagai macam penyakit kronis seperti diabetes, serangan jantung, hingga kanker.

Selain itu, kurma juga mengandung zat anti inflamatori atau anti peradangan. Zat ini mampu mencegah kerusakan pada sel-sel dalam tubuh. Selain manfaat menakjubkan yang sudah disebutkan, kurma juga memiliki beberapa manfaat sehat lainnya.

  • Mencegah konstipasi

Sebagai salah satu buah yang tinggi akan serat, kurma sangat efektif untuk mencegah konstipasi atau sembelit. Konsumsi buah kurma dengan takaran tertentu secara rutin, mampu meningkatkan system pencernaan sehingga system pencernaan menjadi lebih lancar. Alhasil, proses buang air besar (BAB) pun menjadi lebih mudah dan lebih lancar.

  • Mengontrol kadar gula dalam darah

Selain mencegah konstipasi, serat dalam buah kurma juga mampu untuk mengendalikan kadar gula darah yang dapat naik drastis setelah makan. Selain itu, indeks glikemik yang rendah pada buah kurma juga dapat berperan sebagai antioksidan sehingga mampu mengontrol gula darah. Dalam jumlah yang dibatasi, buah ini bagus untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes.

  • Membantu bersalin secara normal

Senyawa kimia dalam buah kurma dapat bereaksi dengan dilatasi serviks. Jika dikonsumsi oleh ibu hamil secara rutin di pekan-pekan terakhir menjelang persalinan, maka buah ini dapat membantu persalinan berjalan normal tanpa operasi.

  • Pencegahan Alzheimer

Berdasarkan beberapa penelitian di laboratorium, kandungan zat anti inflamatori pada buah kurma mampu menekan gejala peradangan pada otak. Dengan menurunnya risiko peradangan pada otak, maka berbagai penyakit terkait dengan kelainan fungsi saraf dan otak seperti penyakit Alzheimer ini bisa diminimalisir dengan konsumsi buah kurma.