Budidaya Ikan Cupang Sebagai Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Ikan dengan nama ilmiah Betta sp. atau yang lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai ikan cupang, merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Ikan cupang dikenal luas oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hingga saat ini, ikan cupang masih banyak diminati oleh para pencinta ikan hias karena ikan ini memiliki keindahan tersendiri yang cukup unik serta mudah dalam perawatannya. Tak heran jika budidaya ikan cupang ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Mengapa Budidaya Ikan Cupang

Bila Anda merupakan seseorang yang menyukai hewan, khususnya ikan, tak ada salahnya jika Anda mencoba membudidayakan ikan cupang sebagai peluang bisnis Anda. Baik itu hanya bisnis sampingan maupun bisnis utama, yang jelas budidaya ikan ini merupakan pilihan yang tepat untuk memulai sebuah usaha. Alasannya adalah ikan ini mudah dipelihara dan di budidayakan. Sekalipun Anda merupakan seorang pemula di dunia kewirausahaan, budidaya ikan ini tidak akan terlalu membebani Anda karena untuk mengembangbiakkan ikan cupang ini tidak memerlukan modal yang terlalu besar dan juga tempat yang luas.

Keunggulan yang dimiliki oleh ikan ini juga menjadi salah satu poin penting mengapa ikan ini cocok dikembangbiakkan oleh pemula. Sebab, ikan cupang ini memiliki daya tahan tubuh yang luar biasa kuat. Ikan ini mampu bertahan hidup dalam lingkungan yang minim oksigen sekalipun. Selain itu, ikan ini juga dapat dipelihara dan hidup sehat walau hanya dalam wadah yang kecil, seukuran botol atau toples misalnya.

Tips Memulai Usaha Budidaya Ikan Cupang

Jika Anda ingin memulai usaha budidaya ikan ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu hal-hal mendasar mengenai ikan ini, seperti, jenisnya atau perbedaan antara ikan jantan dan betina. Untuk jenis, secara umum, ikan ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu ikan cupang hias dan ikan cupang adu. Sementara itu, untuk perbedaan jenis kelamin, ikan ini terbilang mudah untuk diidentifikasi karena ciri-cirinya dapat terlihat dari bentuk fisiknya, contohnya, ikan jantan akan tampak lebih menarik oleh warnanya yang lebih cerah dari ikan betina yang cenderung pucat.