Cara Membuat Android Bekerja Lebih Cepat

Ponsel Android Anda mulai berjalan dengan lancar dan langsung merespons setiap ketukan, namun seiring waktu, ponsel tercepat pun akan mulai menunjukkan umurnya.  Sebelum Anda memutuskan bahwa sudah waktunya untuk mulai membeli Android terbaru, sebaiknya Anda baca terlebih dahulu tips Android untuk meningkatkan kecepatan.

Cara Mengatasi Android yang Lamban

Anda sering kesal karena Android Amda menjadi lambat? Dengan beberapa tips di bawah ini, maka Anda bisa menggunakan smartphone Anda tanpa emosi lagi!

  1. Hapus cache data

Aplikasi Anda terus-menerus menyimpan data kecil, yang biasanya akan mempercepat kinerja ponsel Anda yang dinamakan sebagai cache data. Tetapi jika perangkat Anda hampir kehabisan penyimpanan, data cache akan mulai membuat Android Anda menjadi lebih lamban. Berikut cara membersihkannya

  1. Navigasikan ke Pengaturan di telepon Anda.
  2. Ketuk Penyimpanan.
  3. Ketuk Data cache.
  4. Pilih OK.
  5. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Tips Android selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Ponsel Android Anda mungkin memiliki sejumlah aplikasi yang telah dipasang sebelumnya oleh pabrikan ponsel yang sama sekali tidak digunakan. Bahkan mungkin selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, Anda telah menambahkan beberapa aplikasi tidak terpakai milik Anda sendiri yang masih menggunakan ruang berharga di ponsel Anda. Jika ada yang melambat pada perangkat Anda, mungkin aplikasi tersebut adalah pelakunya. Berikut cara mengosongkan ruang penyimpanan.

  1. Navigasikan ke Pengaturan di telepon Anda.
  2. Ketuk Aplikasi.
  3. Cari aplikasi yang ingin Anda uninstall. Setiap aplikasi menampilkan jumlah penyimpanan yang digunakan di bawah sehingga Anda akan tahu berapa banyak yang bisa Anda kosongkan.
  4. Ketuk Hapus instalasi dan pilih OK untuk mengonfirmasi.
  5. Ulangi Langkah 4 seperlunya sampai semua aplikasi yang tidak diinginkan dihapus.
  6. Nonaktifkan Animasi (1 menit)

Animasi membuat interaksi Android Anda tampak lebih bagus hingga ponsel Anda mulai melambat. Sebaiknya animasi dimatikan saja agar Android Anda tidak lemot.

  1. Navigasikan ke Pengaturan di telepon Anda.
  2. Ketuk Opsi Pengembang
  3. Pilih “Animasi mati”.

Dengan ketiga tips Android inilah maka ponsel Anda bisa berjalan dengan cepat.