Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Maag

Sesak nafas mempunyai penyebab yang berbeda-beda. Penyebab sesak nafas antara lain dapat dikarenakan maag dan juga dapat karena naiknya asam lambung ke tenggorokan. Asam lambung merupakan cairan yang keberadaannya di lambung, namun apabila cairan tersebut naik dapat mengganggu kesehatan tubuh, salah satunya dapat menyebabkan sesak nafas. Penyakit dimana penderitanya mengalami kenaikan asam lambung yaitu secara istilah medis disebut dengan gastroesofagal refluks atau GERD. Penyakit ini harus segera diatasi, karena jika tidak segera diatasi, dapat menimbulkan suatu ketidaknyamanan bagi penderita. Untuk mengatasi GERD, penderita dapat menggunakan cara-cara alami seperti uraian berikut ini.

Mengatasi Keadaan Saat Gejala GERD Muncul

Untuk mengatasi kondisi atau gejala sesak nafas akibat maag atau GERD maka dapat dengan menggunakan cara-cara sederhana, pertama Anda dapat meminum teh celup hangat. Teh celup hangat yang dibuat secara encer dapat membuat rasa nyaman bagi penderita maag yang sedang kumat. Namun konsumsi teh celup yang kental justru dapat melukai lambung. Oleh karena itu teh celup sebaiknya dibuat secara encer. Gunakan pula gula pasir yang aman bagi lambung. Kemudian sangat penting untuk melonggarkan semua pakaian yang dikenakan. Pada laki-laki maka pakaian yang dapat dilonggarkan adalah celana panjang, sedangkan pada wanita adalah rok, pakaian dalam, celana panjang dan lain sebagainya.

Melakukan pemijatan saat sesak nafas muncul juga merupakan ide yang bagus, karena pemijatan dapat merilekskan tubuh dan membuat syaraf otot menjadi mengendur. Ketika otot mengendur maka saluran pernafasan juga akan ikut lega. Namun pemijatan tentunya harus dilakukan dengan benar. Pemijatan dapat dilakukan di ketiak kiri dan juga kanan secara bergantian. Kemudian Anda juga dapat memijat pada bagian yang terasa sakit hingga bagian tersebut mereda. Cara yang lain untuk membantu melegakan pernafasan saat terjadi sesak nafas adalah dengan menghangatkan badan. Bagian tubuh yang sangat penting untuk dihangatkan saat terjadi sesak nafas karena maag adalah bagian dada dan punggung. Bagian punggung dan dada memiliki syaraf yang berkaitan dengan saluran pernafasan sehingga dapat membantu saluran pernafasan menjadi hangat.