Cara Mengetahui Kain Batik Tulis Asli

Kini batik merupakan busana bagi masyarakat modern di beberapa daerah dan kini pemerintah telah menganjurkan para pekerja untuk mengenakan batik di hari-hari yang telah ditentukan. Berkaitan dengan hal tersebut maka industri batik semakin hari semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat, karena batik memiliki daya tarik tersendiri bagi kebanyakan orang. Selain itu motif dan teknik pembuatannya pun sangat beragam. Namun, bagi beberapa orang tentu belum bisa membedakan bagaimana caranya untuk mengetahui kain batik tulis asli dengan kain batik yang tidak asli. Sehingga dibutuhkan teknik khusus untuk mengetahui bagaimana cara membedakannya karena tentunya untuk kain batik yang asli memiliki ciri-ciri yang dapat dikenali oleh semua orang.

Berikut Merupakan Cara Untuk Mengetahui Kain Batik Tulis Asli

Tentunya untuk mengetahui bahwa jenis kain yang Anda beli merupakan kain batik tulis asli yaitu dapat dilihat dari jenis kainnya biasanya dengan menggunakan kain katun, kain rayon, kain rami serta kain sutra namun dalam pembuatannya tidak dapat menggunakan kain jenis poliester. Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan jenis pola serta motif dalam kain tersebut karena motif yang dibuat oleh tangan manusia pasti tidak akan sama semua bentuknya sehingga pada kain yang asli bentuknya tidak akan serupa antara satu dengan lainnya dan kain yang digunakan pun lebih berat dibandingkan dengan kain lainnya. Namun, Anda juga dapat memperhatikan dari warna kain tersebut karena pada umunya akan dibuat dengan warna yang natural serta kuat. Selain itu, Anda dapat merasakan tekstur dari kain tersebut sangat lembut dan tidak kaku.

Untuk membedakan kain batik tulis asli dengan palsu tentunya akan dibedakan dari harga yang ditawarkan oleh para penjual. Anda tidak perlu kaget dengan harga yang ditawarkan pada kain tersebut jika sangat tinggi karena dalam proses pembuatannya dibuat dengan cara tradisional sehingga membutuhkan biaya produksi yang tinggi pula. Berbeda dengan kain batik yang dibuat dengan menggunakan alat, tentunya dapat dibuat dengan jumlah yang banyak dan waktu yang sangat singkat.