Cara Mengukur Jarak Kuda-Kuda Baja Ringan

Kebanyakan orang menilai pemasangan kuda-kuda baja ringan semakin rapat maka akan semakin aman dan juga stabil. Anggapan tersebut tidak salah namun kurang tepat dan tidak proporsional, karena dengan semakin rapatnya jarak tersebut akan membutuhkan biaya yag lebih besar dan boros. Perencanaan yang tepat akan selalu menghasilkan sebuah konstruksi yang aman dan juga bisa hemat biaya. Jarak dari kuda-kuda ini tidak bisa dipastikan tetapi harus disesuaikan dengan ukuran rumah, ketebalan dari baja ringan dan juga jenis atap yang akan digunakan. Tetapi standar jarak untuk ukuran rumah yang kecil adalah 1,2 sampai 1,5 meter atau bisa juga 2-3 meter dengan menggunakan gording sebagai atap rumahnya.

Cara Mengukur Jarak Kuda-Kuda Baja Ringan Yang Tepat Agar Kuat Dan Stabil

Salah satu kelebihan dari menggunakan aplikasi rangka atap baja ringan adalah meskipun jarak yang digunakan cukup rapat tetapi bebannya cukup ringan. Sekarang ini dengan kemajuan teknologi telah ada sebuah aplikasi atau software yang bisa secara khusus membantu keperluan menghitung berapa kebutuhan baja ringan. Sehingga akan mempermudah dalam menentukan berapa kebutuhan yang pas dan lebih menghemat biaya. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatur berapa jarak secara proporsional dalam pemasangan kuda-kuda baja ringan dan atap rumah yang lainnya:

  1. Cara yang pertama adalah pengaturan dimensi dari reng atau istilahnya batten yang jaraknya tidak boleh terlalu rapat dan juga tidak boleh terlalu renggang karena jarak tersebut akan mempengaruhi kuda-kuda yang semakin besar dimensinya maka bisa memperbesar jarak dari kuda baja tersebut. Secara mendasar reng tersebut berfungsi untuk menahan berat beban tumpuan reng itu sendiri, beban angin atau hujan dan juga beban penutup atap. Adapun perhitungan dari beban tersebut sejatinya adalah 1.6 beban hidup dan 1.2 untuk beban yang mati. Jarak interval dari kuda-kuda tempat reng bertumpu = 1/300 L (jarak lendutan).
  2. Jarak tumpuan dari kuda baja ringan tersebut yaitu 25 m.

 

Sebenarnya tidak ada ketetapan khusus untuk mengukur jarak kuda-kuda baja ringan tersebut tetapi harus memperhatikan atau mempertimbangkan beberapa faktor seperti luas bangunan, lahan area dan juga penutup atap yang digunakan sangat mempengaruhi jarak dari kuda-kuda tersebut.