Cara Mudah Atasi Perut Kembung Bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi biasanya di cari oleh para ibu baru yang sedang kebingungan karena bayinya terus rewel dan menangis tanpa sebab. Perut kembung sebenarnya merupakan hal yang biasa di alami oleh bayi yang baru lahir sekalipun. Hal tersebut di karenakan saluran pencernaan bayi yang masih belum tumbuh sempurna sehingga belum memungkinkan untuk bisa berfungsi sebagaimana layaknya fungsi saluran pencernaan orang dewasa. Namun sebelum Anda melakukan beberapa cara untuk mengatasi perut kembung yang di alami oleh bayi Anda maka sebaiknya kenali terlebih dahulu tentang apa saja penyebab dari terjadinya perut kembung tersebut.

Beberapa Cara Mudah Dan Cepat Untuk Atasi Perut Kembung Bayi

Ada beberapa penyebab dari perut kembung yang terjadi pada bayi. Dan hal itu memerlukan adanya cara mengatasi perut kembung pada bayi agar supaya bayi menjadi nyaman. Biasanya ciri bayi yang kembung di tandai dengan bayi rewel dan menarik-narik kakinya ke arah perut karena tidak nyaman.

  • Minyak telon

Cara yang pertama adalah dengan mengolesi tubuh bayi terutama bagian perut dengan menggunakan minyak telon sehingga bayi merasa hangat badannya. Oleskan sambil membuat gerakan pijat bayi khusus untuk memijat bagian perut agar supaya gas yang ada di dalamnya bisa keluar dengan maksimal.

  • Mandi air hangat

Cara yang kedua adalah dengan memandikan bayi dengan menggunakan air hangat. Cara ini biasanya cukup efektif untuk membuat bayi Anda bisa buang gas dengan nyaman dan perut kembungnya pun teratasi dengan baik.

  • Gerakkan kaki

Dan cara yang ketiga adalah dengan berusaha menggerakkan kaki bayi dengan pelan-pelan ke arah perut bayi. Hal ini akan melatih otot usus bayi sehingga nantinya akan mempermudah bayi dalam pembuangan gas dari perutnya.

Perlu di ingat bahwa untuk mengatasi perut kembung bayi ini harus di lakukan dengan hati-hati terutama saat melakukan pijatan di bagian perut. Hal ini di karenakan organ tubuh bayi yang masih sangat rentan dan rapuh sehingga harus di lakukan dengan pelan-pelan. Demikian ulasan singkat tentang cara mengatasi perut kembung pada bayi.