Cara Mudah Menghilangkan Mata Merah Dan Berair

Siapa yang pernah mengalami gangguan pada mata berupa mata yang merah, berair, gatal, kering? Sebagian besar dari kita pasti sudah pernah mengalami salah satu gangguan mata tersebut. Adanya infeksi dan juga iritasi yang membuat mata merah dan berair ini sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya tanpa melalui pengobatan asalkan kita bisa bersabar, akan tetapi hal buruk bisa saja terjadi karena mata yang sedang terinfeksi akan sangat sensitif jika terkena gangguan dari luar seperti debu, tangan yang kotor dan beberapa hal lainnya yang dapat mengakibatkan mata menjadi terinfeksi, sehingga akan sangat berbahaya jika tidak diimbangi dengan pengobatan.

Beberapa Cara Jitu Dan Mudah Menghilangkan Mata Merah Dan Berair

Walaupun masalah mata merah dan berair tidak terlalu bahaya, akan tetapi jika sudah terinfeksi banyak dan menjadi kronis perlu melakukan pengobatan ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Oleh karenanya agar tidak menjadi lebih parah, kita perlu mengatasinya terlebih dahulu dengan hal-hal yang cukup mudah dan sederhana. Adapun cara mudah dan sederhana yang bisa digunakan untuk dapat mengatasi masalah mata yang merah dan juga berair diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melakukan kompres pada daerah mata dengan menggunakan handuk yang basah dan hangat, hal ini bisa lebih menenangkan otot-otot yang terlalu tegang, akan tetapi air yang digunakan untuk mengompres tidak diperbolehkan terlalu panas, karena jika panas maka dikhawatirkan akan malai melukai mata dan juga menambah iritasi mata semakin parah, penggunaannya pun perlu berhati-hati karena mata merupakan salah satu panca indera yang sangat sensitif.
  • Menggunakan obat tetes mata yang aman, yang tentunya telah memiliki izin edar dari pemerintah. Hal ini memungkinkan adanya obat tetes mata dapat mengurangi iritasi yang masih ringan dan berair. Perlu kita ketahui bahwa penggunaan obat tetes mata ini tidak akan berfungsi jika iritasi yang terjadi pada mata kita sudah berat.
  • Jika mata yang terkena iritasi tersebut disebabkan oleh adanya benda yang masuk ke dalam mata, maka langkah yang bisa kita ambil yaitu menyiapkan air bersih dalam wadah, lalu rendam mata sampai bagian muka, kedip-kedipkan mata agar kotoran atau benda yang masuk dalam mata dapat keluar dari mata dengan cepat tanpa harus mengucek mata yang hanya akan membuat mata akan semakin sensitif dan tergores.

Itulah beberapa strategi ataupun cara yang mudah dan juga sederhana yang bisa digunakan untuk mengobati mata merah dan berair. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua khususnya bagi kita yang sedan membutuhkan pertolongan pertama pada iritasi mata yang tentunya akan sangat mengganggu penglihatan dan juga mata kita. Selamat mencoba semoga berhasil !