Dampak Dari Kemajuan Teknologi Terhadap Agama Islam

Kemajuan teknologi memberikan banyak manfaat baik bagi material maupun spiritual. Hal itu berpengaruh pada penggunaan media sosial secara massive. Kita bisa melihat bagaimana orang-orang di sekitar kita yang seolah tidak bisa hidup tanpa adanya gadget di dekat mereka. Seolah-olah status air sebagai suatu hal yang paling dibutuhkan oleh manusia telah bergeser. Kemajuan teknologi memang memiliki dampak positif dan negatif. Sejauh penglihatan saya, memang lebih banyak sisi negatifnya. Akan tetapi tidak selalu demikian, karena ketika digunakan dengan bijak, maka kemajuan itu bisa dimanfaatkan untuk dakwah Islam.

Bagi anak-anak usia remaja, pasti sudah tidak asing lagi dengan dunia media sosial. Banyak orang yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mendapatkan informasi, berbagi informasi dan juga berkomunikasi. Banyak yang bisa mereka gunakan, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan masih banyak lagi. Berbagai macam informasi, positif dan negatif tersedia di sana dan merebak dengan begitu ganasnya.

Jangan Mudah Termakan Provokasi

Inilah yang perlu diperhatikan. Ganasnya informasi yang tersebar, bisa dengan begitu mudahnya diakses oleh semua orang. Latar belakang yang berbeda-beda membentuk persepsi yang berbeda juga dalam penyerapan informasi. Kemudian hal tersebut yang kemudian membuat banyak keributan terjadi di media sosial. Bahkan banyak yang mengatasnamakan kepentingan dakwah Islam, akan tetapi memiliki muatan berita yang negatif dan provokatif.

Hal tersebut tentu saja tidak bisa dibenarkan dan sangat berbahaya. Hal semacam itu bisa mengancam keutuhan suatu bangsa. Begitu banyak orang yang berbicara tanpa landasan ilmu, dan ketika beberapa orang memiliki ilmu dan berbicara, kebanyakan dari mereka berakhir dengan saling merendahkan satu sama lain dan berdebat tanpa ujung.

Fenomena seperti ini sudah seperti makanan sehari-hari. Berbagai drama yang dipertontonkan melalui media sosial tak pernah gagal dalam menarik perhatian setiap orang. Semua itu adalah tujuan segelintir orang yang ingin kita semua celaka. Kita sudah harus membuka mata, dan memaksimalkan fungsi panca indera kita. Kita tak bisa selamanya terus dibodohi. Ikutilah kajian tentang agama, tentang dakwah Islam yang menyejukkan hati dan bertujuan untuk mempersatukan negeri ini.