Ekspektasi Divestasi Freeport

Mendapat saham 51% persen, kini Indonesia bisa memprediksi keuntungan banyak yang bisa didapatkan dengan melakukan divestasi Freeport. CEO Freeport – McMoran berjanji jika keuntungan yang nantinya didapat akan dialokasikan ke pemerintah pusat, daerah dan dividen untuk Inalum. Hampir dari 70 persen akan masuk ke pajak dan royalti yang ditujukan ke pemerintah pusat dan daerah. Dan lainnya akan menjadi dividen bagi Inalum.

Apa untungnya bagi daerah?

Divestasi Freeport merupakan pembelian saham 100% PT Indocopper Investama yang menjadikan BUMN ini memiliki 51% saham PTFI. Berkat hal tersebut, Indonesia bisa mendapat keuntungan banyak di tahun-tahun depan saat tembaga mencapai 90 miliar dolar Amerika. sungguh jumlah yang fantastis bukan? Selain itu, tentunya kabar gembira ini berdampak pula bagi daerah setempat.

Ada beberapa hal yang akan terkena dampak positif dengan adanya hal tersebut:

  • Pembangunan komunitas lokal

Pembangunan komunitas lokal sudah menjadi komitmen PTFI di tahun 2018. Selain itu,  mereka sudah berkontribusi terlebih dahulu sejak 1992-2015 dengan pembangunan daerah. Dana yang pernah dikeluarkan pun tidak main-main, yaitu sekitar 77 juta dolar Amerika dalam dua tahun.

  • Lapangan pekerjaan

Semakin besar perusahaan Freeport akan menyediakan lapangan pekerjaan yang lebih banyak. Ada perekrutan yang ditujukan untuk daerah setempat. Dan kini ada sekitar 2000-an orang Papua yang direkrut oleh perusahaan tersebut.

  • Ekonomi daerah

Selain pembangunan daerah, jelas saja ekonomi daerah yang akan diuntungkan. Dengan alokasi dana yang banyak, maka pemasukan dana daerah menjadi banyak. Sekitar 90 % dari penduduk Mimika yang menggantungkan hidup pada perusahaan ini jadi semakin tinggi keuntungan, seharusnya semakin membuat masyarakat menjadi makmur.

Masyarakat yang makmur menjadi harapan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati saat di Kementerian ESDM. Ia mengatakan jika dengan adanya pengakuisisi saham ini, diharapkan membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Selain itu, tinggi benar pengharapan akan dampak positif yang bisa didapatkan dengan adanya divestasi Freeport. Sebab, pendapatan perusahaan ini sangatlah besar mengingat sumber daya alam yang melimpah di tangan mereka.