Gadai BPKB Yang Belum Balik Nama

Menggadaikan BPKB kendaraan seperti mobil dan motor memang merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan uang yang lumayan besar. Seperti pada multidana, masyarakat memang biasanya langsung menyambangi lembaga jika sedang membutuhkan uang tanpa berpikir dua kali. Masyarakat berasumsi jika meminjam uang pada kerabat terdekat, mereka tidak akan mendapatkan jumlah yang besar untuk keperluan mereka. Sehingga masyarakat memilih untuk menggadai BPKB kendaraan yang dimilikinya. Menggadaikan BPKB mobil dapat dijadikan sebagai contoh. Masyarakat menggunakan BPKB mobil sebagai jaminan peminjaman dikarenakan mobil memiliki harga yang lumayan tinggi dibandingkan barang-barang lainnya.

Apa Itu BPKB Atas Nama Orang Lain?

BPKB atas nama orang lain atau biasanya dikenal sebagai BPKB yang belum balik nama biasanya terjadi apabila Anda membeli mobil dengan kondisi bekas. Karena otomatis, dalam BPKB maupun STNK biasanya yang tertulis adalah nama pembeli pertama atas mobil tersebut. BPKB atas nama orang lain sebenarnya bisa di balik nama dengan proses hukum yang ada.

Seperti yang terlampir pada multidana, masyarakat memiliki kecenderungan membiarkan BPKBnya tidak dibalik nama. Kebanyakan masyarakat merasa enggan karena harus mengeluarkan uang yang lumayan untuk mengganti nama pada BPKB kendaraan yang dimiliki masyarakat. Masyarakat juga malas untuk melalui proses yang terbilang cukup ribet. Sehingga, banyak sekali masyarakat Indonesia yang belum membalikkan nama BPKB mereka.

BPKB Atas Nama Orang Lain Apakah Bisa Digadai?

Padahal, menggadai BPKB dibutuhkan BPKB mobil asli sebagai salah satu syarat ketentuan. Lalu, apabila BPKB atas nama orang lain apakah bisa digadai? Tentu saja bisa! Asalkan Anda memiliki dokumen pembelian yang lengkap. Dokumen pembelian seperti kuitansi bermaterai, fotokopi KTP orang yang namanya tertera di BPKB serta Anda juga harus mengecek pajak kendaraan tersebut. Jika masih dalam keadaan hidup atau aktif dapat langsung digadaikan. Tetapi, jika sudah dalam keadaan mati maka Anda harus membayarkan pajaknya terlebih dahulu baru bisa digadaikan.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menggadaikan BPKB mobil Anda meskipun masih belum nama orang lain. Tetapi jangan lupa akan syarat ketentuan yang berlaku karena Anda tidak akan bisa menggadai jika tidak memenuhi syarat ketentuannya yang dapat Anda lihat pada multidana.