Gaya Hidup Sehat Di Pesantren

Lingkungan pesantren merupakan tempat yang memiliki peluang besar sebagai sarang penyakit. Jumlah santri yang ribuan, tempat tinggal para santri yang kurang dijaga kebersihannya, serta kebiasaan hidup memakai peralatan bersama menjadikan faktor utama risiko untuk perkembangan bakteri dan virus. Terlebih lagi, penyakit-penyakit menular dapat dengan mudah menyerang seluruh santri yang ada dipesantren baik melalui kontak secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini berpotensi terjadi wabah suatu penyakit di pesantren. Contohnya adalah penyakit skabies atau penyakit gatal-gatal di kulit.

Gaya Hidup Sehat Di Pesantren Yang Di Anjurkan

Penyakit skabies disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Tungau ini akan membuat terowongan dalam kulit dan berkembang biak sehingga menimbulkan gatal yang luar biasa. Sarcoptes scabiei tahan terhadap suhu lembab dan panas, dan hanya dapat mati pada suhu 100oC. Sehingga jika sudah terkena penyakit skabies, pengobatan yang dilakukan harus intensif dan tergolong lama karena tungau penyebab yang tidak mudah untuk dimusnahkan. Sebagai santri yang tidak ingin terkena penyakit skabies, kita dapat melakukan hal-hal berikut:

  • Hindari pemakaian baju bersama

Tungau Sarcoptes scabiei dari seseorang yang terinfeksi, dapat menempel di pakaian yang mereka gunakan. Dengan tidak menggunakan pakaian secara bergantian, kita bisa meminimalisir tertular penyakit skabies dari orang lain. Walaupun baju sudah dicuci bersih, tungau Sarcoptes scabiei masih dapat bertahan hidup dan dapat mati hanya pada suhu tinggi.

  • Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar

Dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, dapat membuat tungau tidak bertahan lama tinggal karena mereka menyukai tempat yang kotor dan bau. Yang paling utama adalah menjaga kebersihan tempat tidur seperti rutin mengganti sprei dan menjemur kasur.

  • Menguras air sebelum mandi

Jika ada teman yang terkena skabies, kita lebih baik menguras air sebelum mandi. Karena dapat dipastikan sudah terapat tungau di air kamar mandi yang telah digunakan orang yang terinfeksi. Kemungkinan besar tungau akan menempel pada tubuh kita dari pemakaian air bersama yang sudah terkontaminasi tungau Sarcoptes scabiei.