Gejala Jerawat Pada Kulit Wajah Yang Kering

Jerawat merupakan gejala penyakit kulit yang umum diderita banyak orang. Jerawat biasanya muncul pada kulit wajah yang cenderung berminyak. Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kita yang memiliki kulit yang kering terkena jerawat. Meskipun kulit tidak terlalu banyak menghasilkan minyak, tetapi bisa saja bakteri, kotoran, bekas makeup, dan sel kulit yang mati akan menutupi pori-pori kulit wajah dan akan menimbulkan jerawat.

Karakteristik Kulit Kering Dan Cara Menanggulanginya

Keringnya kulit kita sebenarnya merupakan tanda-tanda bahwa kulit kita rusak. Lapisan kulit luar berfungsi untuk melindungi lapisan kulit yang lebih dalam dari jamur, bakteri dan virus. Jika kulit kita kondisinya kering, maka kemampuan kulit luar akan terganggu dan tumpukan sel kulit yang mati akan membuat kulit kita mudah terkena iritasi.

Bagi Anda yang memiliki kulit yang kering biasanya sensitif terhadap produk kecantikan terutama yang mengandung banyak zat kimia. Banyak produk kecantikan wajah yang malah membuat kulit wajah kita menjadi lebih kering. Sebaiknya kurangi produk wajah yang mengandung bahannya keras. Gunakanlah produk wajah yang tidak terlalu di dominasi bahan kimia yang keras, karena bahan kimia yang keras bisa jadi akan membuat kulit kita iritasi. Pilihlah produk kecantikan wajah yang berbahan serum, gel, toner atau juga lotion yang dapat berfungsi untuk membuat kulit wajah kering kita lebih lembab. Kita tetap harus menggunakan obat khusus jerawat, biarkanlah obat jerawat itu meresap pada jerawat dan kulit kita. Jangan terlalu sering memakai obat jerawat, karena kemungkinan obat jerawat tidak terlalu cocok dengan kulit kering. Pakailah obat jerawat tiga hari atau dua hari sekali.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya yaitu, jangan terlalu mencuci muka dengan facial foam atau scrub. Hal tersebut sama saja dengan menghilangkan minyak pada kulit wajah kita yang kering. Cukup dengan mencuci muka pada malam hari ketika selesai beraktivitas, karena tentunya akan banyak residu atau sisa kotoran setelah seharian beraktivitas. Bagi Anda yang ingin menghapus riasan atau makeup Anda, kalau bisa pakailah remover make up yang alami. Remover make up alami misalnya minyak kelapa, Anda bisa mengaplikasikan minyak kelapa sebagai remover alami yang tentunya juga dapat menyehatkan kulit Anda yang kering.