Hati-Hati Penipuan Bermodus Sewa Mobil

Jasa rental mobil semakin marak menjamur, baik di kota besar maupun kota kecil. Hal ini berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna yang membutuhkan layanan ini untuk berkunjung ke suatu tempat ataupun sekedar berlibur. Nah bagi anda yang memiliki jasa sewa mobil di malang, berhati-hatilah ketika memutuskan untuk menyewakan kendaraan pada seseorang. Jangan sampai mobil anda raib dibawa oknum penyewa yang tidak bertanggungjawab. Untuk itu, berikut beberapa tips menghindari penipuan berkedok rental kendaraan.

Trik Menghindari Penipuan Berkedok Rental Mobil

Malang memang memiliki beragam destinasi wisata yang menarik. Hal inilah yang kemudian menjadi celah bagi para pelaku kejahatan sebagai modus penipuan berkedok penyewaan mobil. Nah, jika anda adalah salah satu pengusaha sewa mobil di malang, silakan simak tips berikut agar anda terhindar dari kasus penipuan.

  • Selalu pastikan identitas calon penyewa. Di banyak kasus, ternyata calon penyewa hanya memberikan identitas palsu. Pihak persewaan sebaiknya juga menambahkan persyaratan identitas lain sebagai jaminan, contohnya kartu keluarga (KK) asli. Akan lebih baik lagi jika calon penyewa menyertakan rekomendasi atau memiliki rekomendasi dari kenalan atau orang yang anda percaya.
  • Gunakan GPS atau alat sensor tertentu yang dapat melacak keberadaan mobil sewa. Hal ini dibutuhkan agar dengan mudah anda dapat menemukan mobil yang dibawa kabur oleh si penipu. Letakan alat tersebut di bagian yang tersembunyi, misalnya di bawah kursi jok.
  • Jalin kerjasama, baik dengan para pengusaha jasa tur wisata atau pihak-pihak tertentu seperti kepolisian, hal ini agar anda dengan mudah menangkap keberadaan pelaku jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dari beberapa tips di atas, ada satu hal yang harus selalu dipegang teguh oleh para pemilik rental, yakni kewaspadaan. Alangkah bijak untuk tidak asal percaya kepada orang baru, meskipun di beberapa kasus ada juga oknum yang sudah berlangganan cukup lama ternyata malah memanfaatkan keadaan untuk menipu para pemilik jasa sewa mobil di malang maupun di kota-kota lain di indonesia.