Jaga Kesehatan Selama Kehamilan dengan Melakukan Hal Ini

Artikel kali ini akan membahas mengenai perawatan kesehatan yang perlu dilakukan oleh ibu hamil selama kehamilan. Hamil merupakan masa yang paling membahagiakan bagi pasangan yang telah menikah. Tujuan utama menikah adalah untuk memperoleh keturunan sehingga umat manusia tidak akan punah.

Dalam budaya masyarakat timur, seorang wanita boleh hamil ketika sudah memiliki suami dari ikatan pernikahan sah secara hukum negara dan hukum agama. Masyarakat Indonesia merupakan salah satu negara dengan akan produktivitas dalam hal kehamilannya yang cukup tinggi. Bahkan pemerintah sampai membuat program keluarga berencana dengan slogan dua anak cukup.

Mau Anak Lahir Dengan Selamat? Lakukan Hal Ini Selama Kehamilan

Indonesia menempati urutan keempat sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Hal ini menjadi suatu perhatian khusus karena jika luas wilayah maupun lapangan pekerjaan sudah tidak mencukupi malah akan menimbulkan terjadi masalah sosial dan kesejahteraan. Masalah ekonomi dan sosial ini secara tidak langsung akan berpengaruh pada kesehatan manusia, terutama status gizi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda yang sedang hamil untuk merawat dan menjaga kehamilan agar bayi bisa lahir dengan selamat dan sehat. Apalagi saat ini telah dibantu oleh BPJS kesehatan untuk biaya check up ke dokter serta biaya persalinan.

  • Konsumsi Makanan yang Bergizi

Makanan yang bergizi untuk ibu hamil sebenarnya banyak jenisnya. Bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk banyak makan sayur dan buah. Selain itu protein hewani juga sangat penting dikonsumsi oleh ibu hamil. Konsumsi zat gizi saat kehamilan ini sangat penting untuk mencegah terjadinya stunting dan wasting yang berpengaruh pada proses pertumbuhan dan perkembangan anak nantinya.

  • Lakukan Pemeriksaan Rutin Ke Dokter

Pemeriksaan rutin sangat diperlukan untuk memantau pertumbuhan janin selama dalam kandungan. Hal ini juga sangat penting untuk mengetahui secara dini kelainan maupun kecacatan yang mungkin ada pada tubuh janin.

  • Perhatian dan Kasih Sayang Keluarga

Seorang ibu yang sedang hamil selain membutuhkan materil juga membutuhkan dukungan moril. Hal ini sangat penting untuk kesehatan mental ibu, karena ibu hamil yang merasa tertekan dan stress akan berpengaruh juga pada kesehatan janin yang dikandungnya.