Jaga Kesehatan Tubuh Saat Beraktivitas Makan

Kesehatan tubuh kita memang harus selalu dijaga dengan baik, jangan biarkan kotoran maupun bakteri berkembang biak dalam tubuh Anda karena itu sangat berbahaya dan akan menyebabkan penyakit. Misalnya dari makanan, pola makan kita yang kurang baik dan juga tidak berhati-hati dan sembarangan dalam makan itu pun sangat tidak baik untuk kesehatan. Membiasakan selalu cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas itu akan sangat bagus untuk kesehatan kita.

Hati-Hati Penggunaan Hand Sanitizer Yang Berlebihan

Produk hand sanitizer sekarang bukanlah hal yang tidak asing lagi di masyarakat. Bahkan sekarang mayoritas orang-orang banyak membawa kemasan kecil hand sanitizer ini untuk di bawa kemana-mana supaya saat kita melakukan aktivitas bisa mengembalikan kebersihan tubuh kita kembali dan juga terhindar dari bakteri yang banyak. Memang menggunakan hand sanitizer ini sangat bagus bagi kesehatan tubuh khususnya kulit tangan kita. Dengan adanya hand sanitizer setelah makan atau setelah beraktivitas yang menggunakan tangan kita bisa membersihkan tangan kita kembali meskipun tanpa menggunakan air biasa.

Meskipun hand sanitizer ini sangat bagus bagi kulit tangan kita, ternyata bisa memberikan efek buruk jika penggunaannya berlebihan. Kandungan yang terdapat dalam hand sanitizer ini tidak akan selamanya mampu membersihkan dan melindungi kulit kita dari bakteri, buktinya ada beberapa hal yang menjadikan hand sanitizer ini menyebabkan bahaya jika penggunaannya tidak di kontrol, yaitu:

  1. Terjadinya resistensi terhadap penyakit, istilahnya tubuh Anda menjadi kebal terhadap bakteri yang menyerang. Karena sudah terbiasa menggunakan hand sanitizer ini bahkan dalam jumlah yang banyak setiap harinya, justru bakteri yang ada di tubuh itu setiap harinya terbiasa dengan serangan yang dilakukan oleh hand sanitizer dan akhirnya hand sanitizer ini tidak berfungsi sama sekali dalam menjaga kebersihan tangan kita.
  2. Sistem kekebalan tubuh kita akan menurun, menurut para pakar kesehatan bahwa produk hand sanitizer ini mengandung triclosan, ini justru dapat membunuh bakteri baik yang ada dalam tubuh kita. Bukannya mencegah bakteri jahat supaya tidak masuk ke dalam tubuh tetapi justru bakteri baik yang sangat berperan dalam tubuh dengan mudahnya di bunuh oleh produk hand sanitizer ini, sehingga kekebalan tubuh kita pun akan menurun.