Jalan Keuntungan Dari Investasi Obligasi

Cara berinvestasi seseorang tentunya berbeda beda tergantung dari tujuan mereka melakukan investasi. Saat ini sudah banyak berbagai instrumen investasi yang bisa dipilih oleh seseorang, dari berbagai instrumen investasi tersebut tentu mampu memberikan tingkat keuntungan yang berbeda-beda pula. Berinvestasi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang perlu mempersiapkan strategi yang jitu agar investasi yang ditanamkan bisa memberikan hasil yang besar. Nah dari berbagai instrumen investasi yang ada tentu beberapa instrumen investasi tersebut bisa memberikan keuntungan yang besar, salah satu investasi yang bisa memberikan tingkat pengembalian yang besar adalah investasi obligasi. Berinvestasi obligasi sudah cukup populer di kalangan masyarakat sehingga tak heran banyak yang memilih investasi ini.

Investasi Obligasi Yang Cukup Menggiurkan

Untuk memilih obligasi sebagai jalan investasi kalian perlu mengetahui cara berinvestasi obligasi agar keuntungan yang didapatkan bisa berlimpah. Namun hal pertama yang perlu diketahui adalah investasi obligasi merupakan surat utang yang bisa dikeluarkan oleh pihak pemerintah atau pun perusahaan swasta. Untuk setiap obligasi yang akan dijual pada pertama kalinya pada tingkatan nilai nominal dan dalam perjalanannya setiap obligasi dapat diperjual belikan pada pasar modal. Tentunya harga obligasi sendiri bisa mengalami peningkatan atau penurunan. Nah jika kalian bisa berinvestasi pada instrumen investasi ini dan tentunya menjadi investor, kalian akan mendapatkan dua keuntungan yaitu pembayaran kupon (bunga) obligasi dan keuntungan dari penjualan obligasi.

Namun investasi obligasi ini tentunya juga memiliki berbagai kemungkinan kerugian, nah kalian juga perlu mengetahui risiko investasi obligasi itu sendiri. Yang pertama adalah risiko gagal bayar, karena obligasi adalah utang tentu ada kemungkinan pihak yang berutang gagal bayar. Selanjutnya capital loss, karena obligasi dapat diperdagangkan di bursa tentu akan ada potensi merugi dari selisih harga. Nah beberapa risiko tersebut tentu bisa kalian atasi dengan melakukan cara berinvestasi obligasi menggunakan strategi yang jitu sehingga risiko terhindar dan keuntungan berlebih bisa didapatkan. Nah instrumen investasi ini walaupun memiliki risiko yang tinggi namun tingkat keuntungannya juga tinggi sehingga investasi ini cukup menggiurkan jika dipilih.