Jenis Kain Yang Digunakan Textile Print

Mungkin beberapa masyarakat sudah tidak asing lagi dengan istilah print pada kain. Istilah ini mungkin masih sedikit jarang ramai dibicarakan oleh masyarakat biasa, namun berbeda dengan para pengusaha konveksi pasti sudah menjadi hal yang biasa dibicarakan. Textile print ini adalah pemberian warna, corak, dan desain pada kain print. Biasanya textile print ini menggunakan metode ink jet ke kain. Textile print ini kini banyak sekali di gunakan pada usaha konveksi karena banyak sekali keuntungan atau kelebihan di bandingkan dengan metode atau cara yang lainnya. Beberapa alasan mengapa textile print kini banyak di gunakan karena textile print ini menghasilkan hasil kain yang memiliki motif atau corak yang lebih menarik dan rapi, membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat ini sangat membantu dalam mengefisienkan waktu, caranya lebih sederhana dan mudah dilakukan serta masih banyak alasan lainnya mengapa textile print banyak digunakan sekarang ini.

Jenis Kain Apa Sajakah Yang Dapat Digunakan Textile Print?

Textile print biasanya digunakan dalam pembuatan kaos, sarung kursi, taplak meja, hijab, scraf, kerudung, kemeja, sarung, kain jarit dan masih banyak lainnya. Yang perlu Anda ketahui bahwa kualitas textile print sangat dipengaruhi oleh jenis kain yang digunakan dimana tekstur bahan sangat berpengaruh pada kualitas printing. Ada beberapa jenis kain print yang dapat digunakan untuk textile print:

  1. Chiffon

Jenis kain ini sangat terkenal di kalangan masyarakat dari kalangan menengah ke bawah hingga kalangan menengah ke atas. Hasil cetakan print dengan jenis kain ini akan dihasilkan hasil yang sedikit tembus. Chiffon ini memiliki beberapa jenis seperti chiffon diamond.

  1. Balotelli

Jenis kain ini sudah sangat banyak oleh masyarakat. Kain merupakan kain yang bertekstur.

  1. Satin

Jenis kain ini biasanya digunakan untuk pakaian atau yang dipakai ke acara seperti resepsi dan acara formal karena kain ini cenderung mengkilap, ringan, dan terlihat glamour.

Berikut diatas merupakan beberapa contoh kain print yang sering digunakan untuk textile print. Maka dari itu sebelum melakukan print kain kita harus terlebih dahulu mempelajari tekstur dan kualifikasi bahan tersebut.