Kawasan Padat Mahasiswa Di Jogja

Selain dikenal sebagai kota wisata dan budaya, Yogyakarta, atau yang lebih dikenal dengan Jogja juga merupakan kota pelajar. Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan, melainkan karena ada begitu banyak lembaga pendidikan, khususnya perguruan tinggi di Jogja. Oleh karena itu, sangat tak mengherankan jika mudah sekali untuk menemukan kos dan apartemen di Jogja. Kawasan kampus merupakan kawasan yang paling banyak ditemukan kos dan apartemen karena ada banyak mahasiswa yang berasal dari luar Jogja menuntut ilmu di Jogja. Jika dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia, Jogja lebih banyak memiliki perguruan tinggi negeri maupun swasta yang akreditasinya sudah tidak diragukan lagi. Itulah mengapa banyak pelajar yang menuntut ilmu di kota Jogja sehingga sangat mudah untuk menemukan kos ataupun apartemen di daerah Jogja.

Daerah Padat Mahasiswa Di Jogja

Kualitas pendidikan yang tak diragukan lagi dan banyaknya pilihan perguruan tinggi membuat banyak pelajar yang memutuskan untuk menimba ilmu di Kota Pelajar ini. Hal tersebut tentu saja membuka peluang bisnis sewa kos dan apartemen di Jogja. Beberapa daerah yang sangat dipadati oleh mahasiswa di Jogja.

  1. Sekitaran Kampus UGM

Universitas Gajah Mada merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang berada di Jl. Kaliurang, Gejayan, Terban, dan Monjali. UGM memiliki ribuan mahasiswa yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Secara otomatis, mereka semua membutuhkan tempat tinggal selama belajar di UGM. Oleh karena itu, kawasan sekitar UGM disebut sebagai kawasan mahasiswa karena sebagian besar rumah di sana adalah kos atau apartemen para mahasiswa.

 

  1. Daerah Kampus Universitas Atma Jaya (UAJY), Universitas Pembangunan Nasional (UPN), STIE YKPN dan Universitas Islam Indonesia (UII)

Kawasan 4 kampus swasta terkenal (UAJY, UPN, STIE YKPN dan UII) yang terletak di Setursari, Babarsari dan Condong Catur merupakan kawasan padat mahasiswa lainnya di Jogja. Seperti daerah sekitar UGM, di kawasan 4 kampus swasta ini juga banyak sekali ditemukan kos dan apartemen di Jogja. Selain kos, daerah ini juga banyak sekali ditemukan warung makan, fotokopian dan tempat laundry untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa.