Kelebihan Dan Kecurangan GRC Sebagai Bahan Kubah Masjid

Harga kubah GRC sering didiskusikan oleh panitia pembangunan masjid. Konon, sebagian besar masjid yang berdiri kebanyakan menggunakan kubah dengan bahan GRC ini. Bahan GRC ini berbeda dengan bahan kubah masjid lainnya yang memiliki daya tarik tersendiri dibanding dengan bahan kubah masjid lainnya.

Apa Kelebihan Kubah Menggunakan Bahan GRC?

Kubah dengan bahan GRC ini dikenal mudah dalam pemasangannya. Karena teknik pemasangan yang digunakan adalah dengan teknik cor. Teknik ini hanya membutuhkan beberapa pekerja saja untuk mendapatkan model kubah yang bagus.

Selain itu, bahan GRC ini juga ringan sehingga mudah jika kita akan melakukan penggantian kubah masjid. Kita tidak memerlukan tenaga lebih dalam menangani jika kubah GRC ini perlu penggantian. Selain itu, kubah dengan bahan ini juga mudah dalam mengganti cat kubah yang digunakan.

Berapa Kisaran Harga Kubah GRC?

Kubah dengan bahan GRC ini dikenal dengan harga yang lumayan murah dan pas untuk kalian yang memiliki pendanaan cukup. Sehingga jika kubah dengan bahan ini rusak kalian tidak akan terlalu menyayangkan. Selain itu, dengan harga yang terjangkau ini juga akan membuat kita merasa tidak sayang jika ingin mengganti kubah dalam waktu tertentu. Sehingga banyak yang cocok dengan tawaran harga kubah GRC.

Apa Kekurangan Dari Kubah Bahan GRC?

Bahan GRC ini tidak bisa seenaknya untuk bangunan masjid yang gampang terkena gempa karena bahan dengan jenis ini belum mampu bertahan jika gempa datang. Kubah ini akan cepat rusak jika dipasangkan untuk daerah yang gampang terkena gempa. Namun jika kalian tetap ingin menggunakan bahan jenis ini di daerah yang mudah terkena gempa, kalian bisa menguatkan kembali cor yang dilakukan sewaktu pembuatan.

Banyak kekurangan dan kelebihan yang bisa kita lihat dari kubah bahan ini. Namun yang terpenting adalah perawatan yang dilakukan agar kubah terjaga dengan baik dan konsultasikan terlebih dahulu dengan kontraktor yang berpengalaman dalam bidangnya. Jangan lupa juga untuk menanyakan harga kubah GRC sebelum memesannya untuk mengira-ngira biaya yang akan dikeluarkan.