Kenali Gejala Penyakit Jantung Pada Diri Anda

Ancaman penyakit jantung menjadi salah satu musuh menyeramkan untuk semua orang. Walaupun penyakit ini tidak menular, tetapi angka kematian yang dikarenakan penyakit jantung sudah tinggi. Dokter jantung mengatakan bahwa masyarakat harus mengetahui gejala penyakit jantung karena gejalanya tersebut itu mirip seperti sakit-sakit kecil yang sering dialami setiap hari.

Dikit demi sedikit paling tidak Anda harus tahu seperti apa gejala penyakit jantung agar Anda bisa menghindarinya. Tercatat bahwa penyakit ini semakin meningkat menyerang manusia setiap tahunnya karena berbagai macam sebab. Jadi, untuk menghindarinya Anda harus mengerti gejala-gejala sebagai berikut.

Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati

  1. Rasa Lelah Berlebih

Adapun gejala yang paling mudah dikenali yaitu kelelahan. Biasanya akan lebih terlihat kepada seorang wanita. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena pada saat penyakit jantung menyerang, darah yang mengalir ke jantung akan mengalir dengan intentias yang kurang, dari kejadian itu efeknya adalah otot yang ada di jantung akan lebih tegang dan menyebabkan tubuh lemas. Biasanya kelelahan yang dialami sampai bisa mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Jika Anda mengalami hal tersebut, segeralah menghubungi dokter jantung untuk menanyakannya.

  1. Sakit Bagian Punggung Hingga Dada

Selanjutnya adalah sakit pada area punggung, lengan, atau dada. Hal ini terjadi karena otot jantung tidak mendapatkan oksigen yang cukup yang mana akan menghambat peredaran darah sehingga oksigen tidak terbagi secara merata di dalam tubuh. Otak kita akan kebingungan karena syaraf yang tidak benar sehingga biasanya rasa sakit tidak selalu pada tempat yang sama. Karena hal ini tidak disertai dada sesak atau semacamnya, banyak orang yang mengabaikan hal tersebut.

  1. Nafas Lebih Pendek

Nafas yang pendek akan muncul saat Anda sedang pada sebuah penerbangan atau setelah menaiki tangga itu adalah hal yang wajar. Tetapi kalau nafas yang pendek terjadi saat Anda tidak melakukan kegiatan apa pun atau terlebih lagi sesaat setalah beranjak dari kasur, itu adalah masalah jantung. Jantung menjadi pemeran utama dalam pengaliran oksigen dibagikan ke semua organ yang ada pada tubuh dan membuang karbon dioksida. Sehingga peredaran darah yang sebelumnya lancar tetapi malah terhambat akan berpengaruh kepada cara untuk bernafas. Jika hal ini terjadi, segeralah untuk mengunjungi dokter jantung untuk penanganan selanjutnya.