Kenalilah Manfaat Vitamin K Bagi Tubuh Manusia

Banyak sekali jenis vitamin dan fungsinya bagi tubuh manusia. Dalam kesempatan kali ini kami akan sedikit mengulas tentang salah satu jenis vitamin yang berguna bagi tubuh manusia yaitu vitamin K. Mungkin Anda mengenal fungsi vitamin K sebagai zat yang membantu penyembuhan luka. Namun sebenarnya fungsi dari vitamin K tidak hanya berhenti di situ saja. Ada beberapa fungsi lainnya yang perlu untuk diketahui.

Membantu Pembekuan Darah

Memang vitamin K tidak dibutuhkan sebanyak vitamin lainnya oleh tubuh manusia. Namun pemenuhannya pastilah sangat penting untuk dilakukan. Seperti yang sudah umum diketahui jika vitamin K berperan pada pembekuan darah. Hal ini akan berfungsi pada proses penyembuhan luka yang didapatkan oleh tubuh. Misalnya jika Anda memiliki luka tergores yang umumnya akan bisa tertutup dalam waktu satu hari, namun karena kurangnya asupan vitamin K luka akan lebih lama tertutupnya.

Membantu Proses Pertumbuhan Tulang Dan Pencegahan Osteoporosis

Ternyata vitamin K juga memiliki peran terhadap proses pertumbuhan tulang. Kalsium yang didapat dari sumber makanan haruslah dapat diikat dan terserap oleh tulang agar bisa membantu proses pertumbuhan tulang. Jika kalsium dibiarkan saja tanpa terserap dengan baik, maka pertumbuhan tulang menjadi terganggu dan memicu banyak sekali penyakit tulang termasuk osteoporosis. Vitamin K memiliki fungsi untuk mengikat kalsium sehingga bisa terserap dengan baik oleh tulang. Letak tulang yang berongga membuat vitamin K memiliki fungsi untuk menempatkan kalsium yang telah diikat pada berbagai tempat yang tepat.

Pengontrolan Kadar Gula Darah

Diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kadar gula yang sangat berlebih. Penyakit ini sangatlah berbahaya karena memiliki risiko kematian. Vitamin K juga memiliki fungsi untuk bisa menghindari penyakit tersebut. Peran vitamin K adalah sebagai pengontrol produksi protrombin pada hati. Vitamin K juga berfungsi mengurangi resistan pada insulin. Hal tersebut bisa melawan diabetes dan pengontrolan kadar gula darah bisa dilakukan.

Mengobati Pendarahan Dalam Hati

Hati bisa saja mengalami pendarahan. Hal ini bisa disebabkan karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Untuk bisa menekan dan mengobati pendarahan tersebut, vitamin K sangatlah dibutuhkan perannya.