Keunggulan Dan Jenis Paving Block

Paving block merupakan sebuah produk bangunan yang dibuat dari berbagai campuran bahan seperti air, semen, abu batu, agregat kasar dan agregat halus. Tidak perlu khawatir dengan Harga Paving Block di pasaran karena terbilang cukup terjangkau dengan segala fungsi yang dimiliki. Paving block ini digunakan untuk salah satu alternatif dalam menutup atau pengerasan permukaan tanah, paving dikenal juga dengan nama bata beton atau concrete block. Diantara berbagai bahan bangunan yang memiliki fungsi sama, namun paving ini lebih banyak mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan produk yang lain. Kelebihan yang paling terlihat adalah dari segi bentuk, warna, ukuran, corak serta tekstur permukaan. Penggunaan paving block ini juga bisa divariasi dengan berbagai jenis paving block atau bahan bangunan yang lain untuk menutup tanah.

Keunggulan Paving Block Dibandingkan Degan Yang Lain

  1. Dengan Harga Paving Block yang relatif murah namun mempunyai kemampuan untuk menyerap air yang lebih baik dibandingkan dengan beton readymix maupun yang aspal. Penyerapan air untuk ke dalam tanah biasanya melalui rongga saat pemasangan paving block. Hal tersebut tentunya sangat baik untuk bisa menjaga keseimbangan air tanah yang bisa menopang bangunan di sekitarnya.
  2. Berat dari paving block ini relatif lebih ringan dibandingkan dengan cor beton ataupun aspal menjadi satu penopang yang utama agar menjaga kestabilan pondasi rumah.
  3. Serapan air yang baik pada sekitar rumah Anda akan menjamin ketersediaan sumber air tanah yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

 

Jenis Dan Ukuran Paving Block

Bentuk, warna serta ukuran dari paving block berbeda-beda. Mulai dari yang balok persegi empat, lalu paving block yang model hexagon yang mempunyai sisi sebanyak enam buah dan masih ada banyak lagi. Dari sisi ketebalan secara umum yang tersedia adalah ukuran paving tebal 6 cm, 8 cm dan 10 cm. masing-masing ketebalan tersebut mempunyai fungsi peruntukan yang berbeda. Ukuran dari block dengan ukuran ketebalan 6 cm biasanya digunakan pada area trotoar untuk pejalan kaki, halaman rumah dan jalan lingkungan. Sedangkan untuk paving block yang ukuran ketebalannya 8 cm digunakan di area parkir ruko, gedung serta bangunan komersial yang lain. Adapun paving block dengan ketebalan 10 cm dikhususkan digunakan pada area yang dilintasi kendaraan berat seperti pabrik, gudang, pelabuhan dan yang lainnya. Harga Paving Block juga bervariasi sesuai dengan ukuran ketebalannya.