Khasiat Tanaman Pasak Bumi

Tanaman pasak bumi umumnya tumbuh di hutan tropis seperti Kalimantan dan tumbuhan ini sering digunakan karena khasiat pasak bumi untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman yang dikenal sebagai herbal yang menambah kesuburan pria ini sudah banyak meneliti khasiatnya. Tanaman yang kenal sebagai tongka ali di negara Malaysia tidak perlu diragukan lagi dengan khasiat yang ada di dalamnya. Ada beberapa kandungan senyawa yang ada di dalamnya salah satunya adalah senyawa ekstrak etanolik yang bisa meningkatkan hormon testosteron pada pria.  Selain itu juga ada senyawa strichin dan juga senyawa brusin yang memiliki sifat afrodisiak atau meningkatkan vitalitas pria. Ada banyak peneliti yang menemukan bahwa tanaman yang memiliki sifat tersebut juga mempunyai senyawa tanin, saponin alkaloid dan yang lainnya. Senyawa tersebut memiliki fungsi yang bisa membantu dalam melancarkan aliran darah yang bisa memiliki dampak positif aliran darah.

Beberapa Khasiat Dari Tanaman Pasak Bumi

Dengan banyaknya kandungan yang ada pada tanaman pasak bumi ini maka ada banyak juga khasiat yang dimiliki tanaman ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mencegah berkembangnya sel kanker

Kandungan senyawa kuasinoid dan alkaloid memiliki khasiat yang bisa mencegah perkembangan dan juga penyebaran sel kanker yang ada di dalam tubuh. Ada penelitian yang menemukan khasiat pasak bumi yang mengandung senyawa alkaloid yang bisa berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker payudara.

  1. Mengobati malaria

Pasak bumi ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit malaria karena di dalam tanaman ini memiliki senyawa erikuimanon yang bisa mengobati gejala pada penyakit malaria. Seain itu juga memiliki senyawa kuasinoid yang bisa bekerja menghancurkan plasmodium falcifarum yang merupakan penyebab malaria.

  1. Sebagai anti leukimia dan mampu mengatasi HIV

Ada penelitian yang dilakukan di Tokyo Jepang yang menemukan kandungan senyawa di dalam tanaman pasak bumi ini yang mampu berperan sebagai anti leukimia dan khasiat pasak bumi ini mampu untuk memperkuat sistem imunitas tubuh (kekebalan tubuh) yang sangat penting bagi yang mengalami HIV. Oleh sebab itu tanaman pasak bumi ini dipercaya berkhasiat untuk mengatasi penyakit HIV.