Klasifikasi Kanker Berdasarkan Jenis Sel Tubuh Yang Diserang

Kanker adalah salah satu penyakit yang kini banyak sekali diderita oleh orang-orang. Bahkan tingkat kematian penderita penyakit ini cukuplah tinggi. Penyakit ini disebabkan karena pertumbuhan sel yang tidak normal, sehingga bisa membuat sel tubuh yang sehat pun menjadi rusak pula. Penyakit ini juga bisa dikategorikan menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jenis sel tubuh yang diserang.

Inilah Klasifikasi Kanker Berdasarkan Bagian Sel Tubuh Yang Diserang!

Beberapa kategori penyakit ini adalah sebagai berikut.

  • Karsinoma

Ini merupakan kanker yang asalnya dari jaringan lapisan luar dari organ dalam atau jaringan kulit. Karsinoma ini juga terbagi menjadi beberapa subtype, yakni sel basal, sel transisi, sel skuamosa, dan adenokarsinoma.

  • Sarkoma

Penyakit ini asalnya dari jaringan ikat yakni seperti halnya jaringan tulang, jaringan lemak, jaringan tulang rawan, jaringan pembuluh darah, dan jaringan otot.

  • Leukemia

Penyakit ini asal muasalnya dari jaringan yang membentuk darah seperti halnya sumsum tulang belakang. Jenis ini mengakibatkan sel darah yang diproduksi menjadi berlebihan. Kemudian sel darah ini akan dilepaskan menuju aliran darah.

  • Mieloma dan Limfoma

Jenis ini asal muasalnya dari sel-sel yang terdapat pada sistem imun pada tubuh. Untuk itu, daya tahan tubuh perlu dijaga dengan baik, sehingga tidak terserang penyakit berbahaya ini.

  • Otak dan Sumsum Tulang Belakang

Untuk kanker ini asalnya dari jaringan sistem pada saraf sentral. Dan apabila terserang, maka keseimbangan tubuh akan menjadi kacau.

Itulah beberapa jenis dengan penggolongannya sesuai dengan jenis sel tubuh yang diserang. Namun selain itu juga terdapat klasifikasi sesuai dengan organ pada tempat jaringan itu berasal. Ada berbagai faktor yang menyebabkan penyakit ini ada, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Untuk itu, maka semua orang diharapkan berhati-hati dalam melakukan berbagai aktivitas. Karena tidak ada seorang pun yang tahu faktor mana yang akan menyebabkan penyakit ini ada.

Jika gejala-gejala dari penyakit ini mulai ada, maka lebih baik untuk langsung memeriksanya kepada dokter. Karena jika dibiarkan dan tidak segera diatasi, maka bisa lebih parah lagi. Dan setiap penggolongan jenis ini tidak boleh disepelekan, karena penyakit ini memang sangat berbahaya.