Konsep Rumah Minimalis

Rumah minimalis adalah rumah yang mempunyai sedikit perabotan, tidak bermain dengan terlalu banyak warna, dan sederhana. Intinya rumah yang menggunakan desain minimalis akan mempunyai desain yang sederhana, biasanya menggunakan warna-warna yang netral, terlihat luas, dan suasananya pun tenang. Konsep ini pertama kali dipopulerkan di Jepang sebagai gaya hidup. Namun kata minimalis sekarang pun digunakan untuk desain pula.

Di Indonesia, rumah dengan konsep minimalis cukup sering digunakan pada rumah dengan ukuran yang kecil. Degan menggunakan konsep minimalis inilah maka rumah kecil tersebut akan terlihat lebih luas dan lapang. Apartemen jenis studio yang memang kecil juga sering menggunakan desain ini agar tidak terlihat sumpek.

Mendesain Rumah Dengan Gaya Minimalis

Jika Anda tertarik untuk menggunakan konsep rumah minimalis pada rumah Anda, maka ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan. Berikut ini tipsnya.

  1. Warna dinding

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rumah yang menggunakan konsep minimalis tidak bermain dengan warna. Jadi, jangan harap Anda akan menggunakan warna-warna cerah seperti biru, pink, merah, kuning, atau yang lainnya. Warna-warna yang akan Anda gunakan adalah warna-warna netral. Warna yang terbaik untuk konsep minimalis adalah putih. Sebenarnya Anda boleh saja menggunakan warna yang cerah namun jangan sampai dominan. Anda bisa menggunakan warna yang cerah untuk dekorasi ataupun furniturenya. Namun untuk warna dindingnya sebaiknya putih saja.

  1. Memaksimalkan tiap ruang

Karena rumah Anda kecil, maka Anda perlu memaksimalkan tiap ruang dengan baik dan kreatif. inti dari konsep minimalis adalah sederhana. Banyak sekali rumah-rumah masa kini yang ukurannya mini dengan konsep minimalis namun tidak kalah bagusnya dengan rumah besar nan mewah. Menggunakan perabotan yang multifungsi adalah salah satu kunci dari konsep minimalis. Gunakan tiap space dengan baik.

  1. Aksen

Karena konsep minimalis ini sederhana, Anda bisa menambahkan nuansa yang lebih ceria dan hidup ke dalam ruangan. Anda bisa memberikan aksen yang dipadukan dengan warna cat dinding putih rumah Anda. Contohnya Anda bisa meletakan tanaman di dalam rumah. Pemandangan yang hijau tentu saja akan membuat rumah minimalis Anda terasa segar. Semoga tips ini bermanfaat.