Kusen Kayu Jati Terbaik

Salah satu komponen penting dari sebuah bangunan, khususnya rumah, adalah kusen. Kusen merupakan kerangka yang ditanamkan pada dinding, yang berfungsi sebagai tempat daun pintu atau jendela mengatup. Di zaman modern ini, kusen tak hanya terbuat dari kayu seperti zaman dulu, namun juga sudah banyak kusen bangunan yang terbuat dari material lain seperti aluminium, baja ringan, dan sebagainya. Namun, kusen kayu, khususnya kusen kayu jati, masih menjadi pilihan sebagian besar orang yang sedang membangun rumah. Sebab, kusen yang terbuat dari kayu jati memiliki harga yang relatif lebih terjangkau, namun kualitasnya tidak kalah dengan kusen berbahan dasar logam.

Kelebihan Yang Dimiliki Kusen Kayu Jati

Kusen yang terbuat dari kayu jati sebagai bahan dasarnya masih banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini dikarenakan bahan kayu dapat dikatakan memiliki sifat yang fleksibel, sehingga kusen kayu jati bisa dibentuk sesuai dengan keinginan. Hal ini berkaitan dengan seberapa besar ukuran kusen tersebut, yang disesuaikan dengan pintu, atau pun tipe pintu, baik itu menggunakan tipe dua pintu yang biasa digunakan sebagai pintu masuk utama, ataupun tipe satu pintu. Selain itu, kayu jati yang digunakan sebagai bahan untuk membuat kusen juga memiliki kualitas yang bagus jika dibandingkan dengan jenis kayu lain. Kayu jati lebih kuat dan kokoh. Juga, kayu jati memiliki tekstur yang lebih padat ketimbang kayu yang lain, sehingga kayu jati tidak mudah keropos dan lapuk.

Disisi lain, kusen yang terbuat dari kayu jati juga lebih menguntungkan secara ekonomis. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh daya tahan yang dimiliki kayu jati. Kayu jati terkenal dengan umurnya yang panjang. Mungkin memang benar jika harga kusen kayu jati akan lebih mahal jika dibandingkan dengan kusen dari jenis kayu lain. Namun, hal ini berbanding lurus dengan daya tahannya yang mampu bertahan hingga puluhan tahun. Jika dirata-ratakan, pada akhirnya justru harga kusen yang terbuat dari kayu jati akan lebih murah ketimbang kusen yang terbuat dari kayu jenis lain.