Langkah-Langkah Budidaya Ikan Lele

Budi daya ikan lele memang selalu menjadi populer di kalangan masyarakat. Bahkan bisa dibilang bahwa lele merupakan ratu dalam bisnis perikanan di negara kita. Lele memang disukai oleh banyak orang dan juga merupakan menu ikan yang sering dipesan di rumah makan. Karena itulah permintaan akan lele tidak pernah menurun. Jadi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk ikut beternak lele juga.

Langkah Terbaik Untuk Budidaya Ikan Lele

Langkah pertama adalah dengan mengetahui syarat hidup dari ikan lele. Budidaya ini akan menjadi percuma jika Anda tidak tahu apa saja syarat hidup ikan yang satu ini. Sebenarnya ikan ini adalah jenis ikan yang mudah untuk diternak dan dipelihara. Bahkan Anda bisa beternak lele dalam kondisi air apapun. Namun tetap saja Anda harus memperhatikan kualitas air sehingga ternak lele Anda akan semakin bagus.

Selain kualitas airnya, Anda juga harus memperhatikan suhunya pula. Pada budi daya ikan lele memang paling baik jika suhunya sekitar 26 hingga 32 derajat Celsius. Jika Anda beternak lele dengan suhu yang rendah, maka proses pencernaan pada ikan lele Anda akan terganggu. Namun jika suhunya terlalu tinggi maka pencernaan makanannya justru menjadi cepat sehingga berakibat tidak baik bagi lele.

Sedangkan untuk lokasinya sebenarnya tidak ada ketentuan khusus. Ikan lele memang benar-benar ikan yang fleksibel karena bisa hidup di berbagai tempat. Bahkan jika beternak lele di daerah yang ketinggiannya mencapai 1000 mdpl pun juga bisa. Namun yang harus Anda perhatikan adalah pH-nya yaitu sekitar 7 hingga 8.

Bagaimana dengan kolamnya? Untuk kolamnya pun juga tidak butuh kolam yang luas. Kolam seluas 5×2 meter saja juga sudah bisa menampung sekitar 1000 benih ikan lele, lho! Sebaiknya jangan membuat kolam yang terlalu padat agar proses beternak lele pun juga lancar dan lele tidak cepat mati.

Untuk kolamnya pun bisa menggunakan kolam semen, kolam terpal, bahkan kolam tanah. Namun jika Anda ingin hemat, menggunakan kolam terpal sudah yang paling baik. Kolam terpal pun membuatnya juga praktis, sehingga budi daya ikan lele pun jadi semakin mudah.