Langkah-Langkah Memajukan Industri Perikanan Indonesia

Indonesia telah diakui memiliki kekayaan laut yang begitu melimpah. Bahkan lebih dari 2/3 keragaman laut dunia dapat ditemukan di Indonesia. Kekayaan yang dimiliki ini tidak seimbang dengan perkembangan industri perikanan dan kelautan yang ada. Meskipun sudah menunjukkan hasil yang stabil dan cenderung meningkat, keadaan ini belum mencapai target maksimal. Untuk itu kemungkinan keberhasilan industri kelautan masih perlu diupayakan.

Mencukupi Ketersediaan Modal

Salah satu cara untuk memajukan industri perikanan di Indonesia adalah dengan mengoptimalkan modal bagi pelaku. Nelayan, pembudidaya, dan industri pengolahan ikan seharusnya didukung dengan memberikan kemudahan pinjaman modal. Modal itu sendiri terus diupayakan oleh pemerintah. Beberapa jalan keluar dilakukan melalui kerja sama dengan investor baik lokal dan asing. Selain itu suntikan dana dari bank juga dapat membantu nelayan untuk beroperasi dengan lebih maksimal. Dengan demikian, industri perikanan akan terus mengalami peningkatan.

Pengaruh Permintaan Global

Selain modal, majunya industri perikanan erat kaitannya dengan tingkat permintaan pasar global. Sejak tahun 90an laju industri perikanan dan kelautan dunia terus meningkat. Peningkatannya pun terus di dominasi oleh perikanan tangkap yang mencapai 80% dari total industri perikanan.

Hal ini sejalan dengan jumlah penduduk dunia yang terus meningkat. Sehingga, jumlah permintaan pun turut meningkat. Kesempatan ini bila dapat dimanfaatkan dengan baik dapat membantu memajukan industri perikanan Indonesia terutama dalam sektor impor.

Keberhasilan Di Tengah Persaingan Global

Untuk mampu bersaing dengan negara lain, Indonesia harus mampu mengelola sumber daya maritimnya dengan baik. Namun sayangnya, belakangan ini persaingan tidak sehat kerap dirasakan oleh Indonesia. Contoh nyatanya ialah pencurian ikan hingga pembajakan nelayan. Banyak negara yang mengincar sumber daya laut Indonesia yang luar biasa melimpah.

Menanggapi fenomena ini, pemerintah nampaknya telah banyak melakukan tindakan tegas. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti dan jajarannya tengah gencar memberikan hukuman bagi para pesaing tak sehat ini. Di samping itu, para nelayan dan pembudidaya harus berusaha lebih keras untuk mencukupi kebutuhan akan masal dunia  produk perikanan dan kelautan.