Langkah-Langkah Yang Benar Untuk Mencegah Wasir

Apakah anda pernah mendengar penyakit wasir? Penyakit dalam yang satu ini menyerang bagian anus. Ciri-ciri fisik yang terlihat yaitu adanya benjolan di sekitar area luar anus, gejalanya hampir sama dengan ambeien namun hany letak benjolannya yang berbeda. Selain ditandai dengan adanya benjolan pada anus, wasir juga ditandai dengan keluarnya darah dari dalam anus yang jumlahnya tidak wajar. Penderita wasir akan merasa kesakitan setiap kali duduk, untuk duduk saja biasanya penderita harus menggunakan bantal yang empuk. Agar wasir tidak kumat ketika sedang beraktivitas, penderita tidak boleh duduk terlalu lama. Banyak sekali gejala wasir yang tentunya sudah anda ketahui, penyakit ini sulit disembuhkan kecuali melalui pembedahan atau operasi.

Cara Mencegah Penyakit Wasir Dengan Konsumsi Makanan Bergizi

Penyakit wasir bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Apabila anda ingin tetap sehat dan tidak terserang penyakit wasir, pastikan anda melakukan cara-cara berikut; 1. Konsumsilah pepaya atau buah lain yang memiliki tekstur lembut. Wasir salah satunya disebabkan karena terlalu banyak menkonsumsi makanan yang kering. 2. Mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi. Gejala awal penyakit ini adalah sembelit yang dirasakan setiap hari, tentu saja cara penanggulangannya sama hampir sama dengan sembelit. Mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dapat melancarkan keluarnya feses sehingga tidak menimbulkan benjolan pada lubang anus. 3. Apabila anda tidak suka mengkonsumsi buah pepaya, pisang atau buah bertekstur lembut lainnya, jelly dan agar-agar bisa menjadi alternatif.

Selain mengkonsumsi makanan yang telah direkomendasikan diatas, untuk mencegah penyakit wasir hendaknya anda minum air dengan jumlah yang sesuai dengan ketentuan yaitu minimal 8 gelas sehari atau 1 liter air per harinya. Semakin banyak minum air semakin lancar peredaran darah dan memudahkan anda mencerna makanan dengan baik. Jangan duduk terlalu lama, apabila anda dituntut pekerjaan yang membutuhkan duduk lebih banyak dibanding berdiri maka sempatkan minum air di sela-sela pekerjaan. Perhatikan komposisi buah, sayur, nasi dan lauk yang semuanya harus seimbang.