Memilih Sunblock Agar Kulit Wajah Tetap Sehat

Kulit wajah merupakan bagian tubuh yang paling rentan terhadap bahaya radiasi ultraviolet dari matahari. Sinar ultraviolet merupakan sinar radiasi yang berbahaya bagi kulit karena bisa membunuh sel-sel kulit dan juga menyebabkan kanker. Untuk memberikan proteksi terhadap kulit wajah dari bahaya sinar ultraviolet adalah dengan menggunakan sunblock. Sunblock atau tabir surya dapat melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet.

Memilih Sunblock Yang Sesuai

Karena fungsinya yang sangat vital dan bermanfaat bagi kesehatan kulit, memilih sunblock bukanlah hal yang bisa dilakukan secara gampangan. Memilih sunblock harus dilakukan secara hati-hati karena salah memilih sunblock akan sama saja dengan tidak menggunakan sunblock.

Kriteria Memilih Sunblock

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih sunblock antara lain :

  • UVA dan UVB Mana Yang Berbahaya

Radiasi sinar ultraviolet yang berasal dari matahari terbagi menjadi dua jenis, yaitu sinar UVA dan sinar UVB. Lalu manakah yang lebih berbahaya? Sinar UVA tidak terlalu berbahaya karena tidak dapat mengakibatkan luka bakar atau penuaan kulit. Berbeda dengan sinar UVB yang bisa membunuh sel kulit sehingga berpotensi mengakibatkan kanker kulit dan penuaan kulit.

  • Tingkat Proteksi

Krim tabir surya memiliki spesifikasinya masing-masing, salah satu spesifikasi yang harus diketahui adalah tingkat proteksi terhadap radiasi sinar UVB. Krim dengan tingkat proteksi tertinggi adalah SPF 50 karena bisa melindungi kulit sampai 99 persen. Kemudian diikuti SPF 30 dan SPF 15 yang masing-masing memiliki kadar proteksi 98 dan 97 persen. Jadi bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan siang hari, pakailah krim tabir surya dengan SPF 50.

  • Jenis Kulit

Setelah memahami produk krim tabir surya yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah kondisi kulit Anda sendiri. Kondisi kulit tertentu memerlukan krim tabir surya yang lebih ringan, seperti kulit yang berjerawat, sebaiknya menggunakan krim tabir surya berbentuk jel karena lebih ringan dan cocok untuk kulit berjerawat.

Mengenakan sunblock merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah kerusakan kulit wajah dan menjaganya tetap cantik. Jadi jangan lupa untuk menggunakan sunblock kemana pun Anda pergi.