Mencegah Bahaya Penyakit Cacingan

Cacingan adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang sering kali menyerang anak usia balita hingga menyebabkan kematian. Tidak hanya di Indonesia, kasus kematian anak akibat cacingan juga terjadi di berbagai Negara. Cacingan terjadi karena disebabkan oleh cacing pita, cacing tambang, cacing kremi dan cacing gelang yang masuk dan menembus kulit. Cacing-cacing berbahaya tersebut kemudian mengendap dan tinggal di saluran pencernaan. Selain anak kecil, cacingan juga dapat menyerang orang dewasa, sehingga kita harus sangat berhati-hati agar tidak terkena penyakit yang satu ini.

Penyebab Cacingan

Jenis cacing yang dapat menyebabkan cacingan dapat masuk dan menembus kulit melalui media yang kotor, terutama sanitasi. Tempat sanitasi yang kotor dan pola hidup yang tidak sehat adalah penyebab timbulnya penyakit cacingan. Sanitasi yang kotor akan menyebarkan cacing dengan mudah sehingga masuk ke dalam kulit manusia.

Selain itu, di beberapa daerah di Indonesia, sungai menjadi tempat berbagai aktivitas dilakukan mulai dari mandi, mencuci, buang air dan membuang sampah. Sungai yang sudah tercampur berbagai jenis kotoran kemudian menjadi jalan masuknya cacing ke tubuh manusia. Tidak mencuci tangan dengan bersih setelah buang air kecil atau besar juga dapat menyebabkan cacing masuk ke dalam tubuh.

Gejala Penyakit Cacing

Penyakit cacing memang dapat menyerang siapa saja, namun anak-anak lebih renta terkena penyakit ini. Ketika seseorang terkena penyakit cacing, dia akan menunjukkan beberapa gejala seperti lemah, lesu, sakit perut, mual, muntah, mengalami penurunan berat badan dan hilangnya nafsu makan. Perlu kita perhatikan bahwa ada beberapa kasus yang penderitanya tidak menunjukkan gejala yang signifikan, sehingga harus melakukan pengecekan dokter.

Mencegah Penyakit Cacing

Penyakit cacing diakibatkan oleh cacing yang kemudian masuk ke dalam tubuh, tinggal di sana dan menjadi parasit untuk tubuh. untuk mencegah hal ini terjadi, yang dapat kita lakukan adalah menjaga pola hidup bersih. Menjaga kebersihan sanitasi, rumah dan lingkungan. Selalu mencuci tangan setiap kali selesai buang air kecil, besar, memegang binatang, memegang sesuatu yang kotor dan ketika hendak makan. Selain itu, mengonsumsi obat cacing setahun sekali juga sangat penting untuk dilakukan.