Mencegah Demam Setelah Berenang

Berenang adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Terlebih lagi bagi anak-anak, berenang dan bermain air adalah momen yang sangat dinanti-nantikan. Bagi orang dewasa, berenang seringkali dilakukan sebagai ajang untuk refreshing. Bahkan beberapa orang menjadikan renang sebagai hobi mereka.

Berenang dapat dilakukan di pantai, sungai dan kolam renang. Pada umumnya seseorang berenang di kolam renang. Saat ini sudah banyak sekali kolam renang yang lengkap dengan wahana permainan air yang membuat Anda betah berlama-lama untuk berenang.

Tips Mencegah Demam Setelah Berenang

Sebagian orang berpendapat bahwa terlalu lama berenang dapat menimbulkan deman, batuk dan flu. Hal ini seringkali dialami oleh anak-anak. Oleh karena itu, beberapa orang tua terkadang melarang anaknya untuk berenang dengan alasan tersebut.

Selain anak-anak, orang dewasa juga memiliki kemungkinan terkena demam setelah berenang. Untuk itu, beberapa cara pencegahan demam setelah berenang yang bisa Anda lakukan yaitu:

  1. Pilihlah kolam renang yang bersih

Tidak semua wahana air dan kolam renang bersih. Pilihlah kolam renang yang cukup terpercaya  kebersihannya di daerah Anda.

  1. Jangan menelan air kolam renang

Ini adalah hal buruk yang sering dilakukan seseorang ketika berenang. Menelan air kolam renang dapat menimbulkan gangguan kesehatan karena air kolam kemungkinan besar mengandung bakteri dan virus penyebab penyakit.

  1. Jangan buang air kecil selama berenang

Ini juga salah satu hal buruk lain yang sering dilakukan saat berenang. Dengan buang air kecil di kolam, secara langsung Anda yang mencemari sendiri kebersihan air kolam.

  1. Jangan makan disela-sela berenang

Berenang memang terkadang membuat lapar. Makan disela-sela berenang seringkali dilakukan seseorang untuk mengatasi kelaparan. Hal ini ternyata dapat memicu masuknya bakteri dalam makanan yang terkontaminasi dengan tangan Anda yang kotor. Lebih baik, makan terlebih dahulu sebelum berenang sebagai cadangan energi.

  1. Bilas hingga bersih setelah berenang

Jangan biasakan tidak mandi setelah berenang. Dengan mandi secara bersih setelah berenang, dapat membuang bakteri-bakteri yang menempel pada tubuh Anda selama berenang.