Mencegah Timbulnya Bekas Jerawat

Menjaga kesehatan kulit adalah sebuah hal yang wajib dilakukan setiap orang. Dengan merawat kulit, kita akan terbebas dari berbagai masalah serta kulit terlihat cantik. Namun tidak dipungkiri jika jerawat adalah masalah kulit yang selalu timbul dalam diri seseorang. Saya yakin sebagian besar dari Anda pernah mengalami masalah jerawat.

Jerawat adalah sebuah kondisi dimana kulit mengalami peradangan akibat bakteri, kotoran ataupun penyebab lainnya. Jerawat ini akan timbul sebagai benjolan-benjolan kulit yang memerah dan kadang mengandung nanah. Jerawat ini jika tidak diatasi dapat berbahaya terlebih lagi jika jumlahnya cukup banyak akan menimbulkan peradangan dan nyeri pada kulit wajah.

Selain menimbulkan nyeri, masalah akhir setelah mengobati jerawat adalah bekas jerawat. Bekas jerawat ini akan tampak seperti noda-noda hitam pada kulit. Penyembuhan bekas jerawat ini relatif lebih sulit dan lebih lama dihilangkan daripada mengobati jerawat.

Cara Mencegah Timbulnya Bekas Jerawat

Berbagai cara menghilangkan jerawat bisa Anda buka di website Temancantik.com. Anda akan melihat berbagai upaya alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itu lebih baik kita mengetahui cara pencegahan agar tidak timbul bekas jerawat. Beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan yaitu:

  1. Bersihkan wajah secara berkala

Membersihkan wajah sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat maupun bekasnya. Wajah yang bersih akan membuat kotoran-kotoran dalam kulit menghilang sehingga dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat.

  1. Hindari kebiasaan memencet jerawat

Ini adalah penyebab utama timbulnya bekas jerawat. Memencet jerawat yang salah dapat menyebabkan luka ataupun goresan sehingga timbul bekas jerawat. Jika ingin memencet jerawat, lakukan treatment khusus.

  1. Memelihara kebersihan area jerawat

Pastikan area jerawat pada wajah Anda terlindungi. Usahakan jerawat jangan terlalu sering bersentuhan dengan tangan dan rambut karena berisiko terdapat banyak bakteri yang menempel.

  1. Hindari kontak dengan matahari secara langsung

Kontak langsung dengan matahari dapat meningkatkan produksi keringat. Keringat ini akan memicu peradangan jerawat yang berlebih serta menyebabkan infeksi.