Mengajarkan Lagu Daerah Kepada Anak

Pengaruh teknologi pada anak-anak zaman sekarang memang sangat tinggi. Sedari kecil mereka sudah dikenalkan dengan gadget dan berbagai aplikasinya. Padahal penggunaan teknologi ini selain memiliki efek yang baik, efek negatif yang ditimbulkan juga cukup besar. Salah satu efek negatif yang ditimbulkan adalah meniru budaya-budaya luar negeri yang dapat dengan mudah diakses. Mereka dapat dengan mudah meniru cara berpakaian, pergaulan budaya luar, dan lagu-lagu luar negeri. Memang tidak salah mengenal budaya luar, namun hal ini perlu dibatasi agar budaya Indonesia tetap melekat. Pada kenyataannya, tidak sedikit anak-anak yang sudah terkikis oleh budaya luar. Hal ini bisa dilihat dari anak-anak yang tidak mengerti lagu daerah Indonesia.

Peran Orang Tua Dan Guru

Peran orang tua dan guru sangat diperlukan dalam untuk memperkenalkan lagu-lagu daerah sejak dini. Orang tua bisa mengajarkan sedari balita kepada anak dengan menyanyikan lagu-lagu daerah ketika bermain dengan anak. Selain itu, orang tua juga lebih baik mengenalkan lagu-lagu anak daripada lagu-lagu dewasa apalagi lagu-lagu barat. Sekolah juga memiliki peran penting dalam memperkenalkan lagu daerah pada anak. Untuk sekolah dasar, biasanya diberikan pelajaran lagu-lagu daerah dan tembang-tembang lagu. Perkenalkan lagu-lagu ini kepada anak dan minta anak untuk menyanyikan lagu daerah di depan kelas.

Pelajari Makna Lagu Daerah

Seperti yang kita ketahui bersama, lagu daerah memiliki makna yang sulit dimengerti karena bahasanya yang menggunakan bahasa daerah. Orang yang berasal dari Jawa Tengah tentunya akan kesulitan untuk mengerti lagu daerah Sunda. Untuk memahami makna dari lagu-lagu daerah kita bisa membuka website http://www.lagudaerah.xyz. Dalam website ini, tersedia lagu-lagu daerah yang lengkap dengan artinya. Jadi, Anda tidak bingung lagi ketika mengajarkan lagu daerah kepada anak jika ditanya maknanya. Karena mengajarkan makna lagu daerah itu sangat penting, mengingat makna yang ada di dalamnya berisi nasehat-nasehat. Hal ini tentunya selain mengajarkan anak bernyanyi, juga memberikan pesan kepada anak. Jadi, pelajari terlebih dahulu lagu dan maknanya sebelum mengajarkan kepada anak.